Tol Cigatas Jadikan Tasik Pusat Kawasan Industri di Priangan Timur

Solusi kemacetan Gentong dan peningkatan ekonomi masyarakat

Tasikmalaya, IDN Times – Kota Tasikmalaya diprediksi akan menjadi pusat kawasan industri di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat, pasca terbangunnya Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas). Tol yang diharapkan warga Tasikmalaya sebagai solusi kemacetan ini telah diumumkan bakal dibangun pemerintah dan diumumkan Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo di Kabupaten Garut, beberapa waktu lalu.

Saat berkunjung ke Garut, Jokowi mengungkapkan, Tol Cigatas siap mulai dibangun tahun ini. Sekarang, kata Jokowi, pemerintah sedang melakukan proses lelang dan pembebasan lahan. Rencananya, Juni nanti, pemenang lelang akan diumumkan sekaligus dimulainya pembangunan jalan tol tersebut.

1. Kota Tasikmalaya miliki sentra produk bordir unggulan

Tol Cigatas Jadikan Tasik Pusat Kawasan Industri di Priangan TimurIDN Times/Ronaldirwan

Rencana pembangunan jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) dinilai akan berpengaruh terhadap beberapa aspek di tiga kawasan yang dilaluinya ke depan. Salah satunya di Kota Tasikmalaya akan muncul kawasan industri terbesar di kawasan Priangan Timur, Jawa Barat.

“Kota Tasikmalaya akan mendapatkan manfaat paling besar atas rencana pembangunan Jalan Tol Cigatas. Setelah Pak Presiden mengumumkannya di Garut waktu itu, kita semakin yakin rencana pembangunan di Kota Tasikmalaya semakin maju dan terdepan. Terutama, kawasan industri akan terbangun dan membuka lapangan pekerjaan serta meningkatkan produksi asli di daerah kami yang sudah terkenal seperti sentra bordir, tas dan sandal,” jelas Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman saat diwawancara di kantornya, Senin (11/2/2019).

2. Kota Tasikmalaya akan ubah RDTR

Tol Cigatas Jadikan Tasik Pusat Kawasan Industri di Priangan Timurid.wikipedia.org

Dengan adanya kepastian pembangunan jalan Tol Cigatas, pengelolaan Tata Ruang di wilayah Kota Tasikmalaya akan mengalami perubahan. Salah satunya, menyesuaikan dengan rencana pembangunan jalan tol dan efek positif yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan daerah. Misalnya, penentuan lokasi tata ruang wilayah untuk kawasan industri.

“Tata ruang kita akan rubah dan dibahas secepatnya untuk menyesuaikan rencana pembangunan di wilayah Kota Tasikmalaya,” ujar Budi.

Dengan demikian, pelaku industri berciri khas Tasikmalaya seperti bordir dan alas kaki akan semakin mudah dan murah mendapatkan bahan baku. Serta pendistribusian hasil produksi akan semakin murah dan cepat dengan adanya akses jalan bebas hambatan tersebut.

“Kawasan industri di Kota Tasikmalaya, tentunya pabrik akan disesuaikan dengan kebutuhan produk khas Tasikmalaya. Misalnya nanti akan ada pabrik Tekstil, bahan baku sandal dan lainnya. Bahan baku akan semakin murah dan penjualan meningkat serta kualitas sama, bahkan bisa lebih tinggi,” pungkasnya.

3. Pembangunan Tol Cigatas, pertama kali direspons presiden masa kepemimpinan Jokowi

Tol Cigatas Jadikan Tasik Pusat Kawasan Industri di Priangan TimurIDN Times/Galih Persiana

Budi menambahkan, pembangunan jalan tol sudah sejak lama menjadi prioritas pengajuan di daerahnya. Apalagi dengan kondisi kemacetan yang kronis jalan arteri penghubung Tasikmalaya ke wilayah kota besar lewat jalur selatan Jawa Barat.

“Kalau berbicara antisipasi kemacetan itu sudah pasti akurat dan menjadi solusi yang tepat dengan adanya Tol Cigatas ini. Lihatnya saja daerah Gentong, Limbangan sampai ke Nagrek, setiap akhir pekan selalu terjadi kemacetan yang akut,” tambah Budi.

Terobosan Kepala Negara yang dijabat Jokowi, lanjut Budi, sangat disambut gembira oleh warga di Kota Tasikmalaya dan sekitarnya. Apalagi jalur bebas hambatan ini sejatinya sudah diajukan sejak belasan tahun lalu di masa kepemimpinan negara sebelumnya.

“Baru di era Pak Jokowi, Jalan Tol menuju Tasikmalaya bisa terealisasi,” ungkapnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You