Wacana Rekonsiliasi Menguat, Dahnil Anzar: Pulangkan Rizieq Shihab

Prabowo minta pendukungnya yang bermasalah hukum dibebaskan

Jakarta, IDN Times - Mantan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak menilai pada berkembangnya narasi rekonsiliasi saat ini menjadi saat yang tepat untuk memberikan kesempatan pada Habib Rizieq Shihab kembali ke Indonesia.

"Ini pandangan pribadi saya, bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yang paling tepat beri kesempatan kepada Habib Rizieq kembali ke Indonesia, setop upaya kriminalisasi, semuanya saling memaafkan," kata Dahnil melalui akun Twitter miliknya @Dahnil Anzar, Sabtu (6/7).

"Kita bangun toleransi yang otentik, setop narasi-narasi stigmatisasi radikalis dll," sambung Dahnil.

1. Rekonsiliasi pada Juli

Wacana Rekonsiliasi Menguat, Dahnil Anzar: Pulangkan Rizieq ShihabANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Wakil Sekretaris Jendral Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan rekonsiliasi antara Ketua Umumnya Prabowo Subianto dengan Presiden terpilih 2019-2024 Joko “Jokowi” Widodo akan digelar bulan Juli ini.

“Pak Prabowo akan bertemu pak Jokowi bulan Juli ini,” kata Andre di Komplek Parlemen DPR RI, Jakarta Selatan, Rabu (3/7).

Baca Juga: Isu Rekonsiliasi Menguat, Ini Permintaan Prabowo? 

2. 60 persen pendukung Prabowo sudah menerima kemenangan Jokowi

Wacana Rekonsiliasi Menguat, Dahnil Anzar: Pulangkan Rizieq ShihabIDN Times/Irfan Fathurohman

Meski banyak pendukungnya yang keberatan tapi berdasarkan hasil survei Gerindra kata Andre, 60 persen pendukung Prabowo telah legowo atas kemenangan Presiden Jokowi.

“40 persennya lagi terbagi dua, 25 persennya terserah pak Prabowo mau rekonsiliasi atau tidak sisanya menolak. Jadi mayoritas pendukung Prabowo menginginkan (rekonsiliasi) yang terbaik buat bangsanya,” ujar Andre.

3. Sebelum bertemu Jokowi, Prabowo akan rapat internal

Wacana Rekonsiliasi Menguat, Dahnil Anzar: Pulangkan Rizieq ShihabIDN Times/Irfan Fathurohman

Hingga kini, Gerindra belum ambil langkah apa pun, Andre menjelaskan ada dua tahapan yang akan dilalui Prabowo dan partai Gerindra sebelum bertemu Jokowi.

Pertama, Gerindra akan menggelar rapat kerja nasional Partai Gerindra, di mana Prabowo akan konsolidasi internal partai. Kedua, Prabowo akan bertemu dengan relawan dan pendukung untuk menyerap aspirasi dan diskusi apa langkah kita ke depan.

“Selanjutnya, pak Prabowo akan bertemu pak Jokowi bulan Juli ini,” kembali Andre menegaskan.

Baca Juga: Moeldoko Sebut Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Bukan Lagi Agenda Prioritas

4. Isi rekonsiliasi di antaranya, Prabowo ingin pendukungnya yang bermasalah dibebaskan

Wacana Rekonsiliasi Menguat, Dahnil Anzar: Pulangkan Rizieq Shihabidntimes.com

Prabowo, kata Andre, akan bicara nasib ratusan pendukungnya yang bermasalah. Ia akan melakukan pendekatan secara politik kepada Jokowi.

“Bayangkan pak Prabowo didatangi istri yang suaminya ditahan, suami yang istrinya ditahan, anak yang bapanya ditahan mereka datang memohon kepada pak Prabowo untuk melepaskan keluarga, suami, yang ditahan,” kata Andre.

Baca Juga: Geruduk Kertanegara, Puluhan Emak Desak Prabowo Agar Tak Rekonsiliasi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya