Skandal Bansos, Gibran Putra Jokowi Jumpa Pers di Solo Pagi Ini

Gibran akan menjawab kabar keterlibatan korupsi bansos

Jakarta, IDN Times - Nama putra sulung Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Gibran Rakabuming Raka, disebut-sebut dalam skandal korupsi bantuan sosial (bansos). Dalam laporan investigasi Majalah Tempo, Gibran disebut merekomendasikan PT Sritex untuk pengadaan kantong sembako bansos.

Menanggapi hal itu, Gibran akan menggelar jumpa pers di Solo, Jawa Tengah pagi ini.

“Saya jam 10 mengumpulkan teman-teman media. Silakan bergabung jika berkenan,” kata Gibran kepada IDN Times, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: Gibran Terseret Kasus Korupsi Bansos, PDIP: No Comment

1. DPP PDIP mengaku belum tahu kabar Gibran diduga terlibat kasus korupsi bansos

Skandal Bansos, Gibran Putra Jokowi Jumpa Pers di Solo Pagi IniGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengaku belum mengetahui kabar Gibran diduga terlibat skandal bansos.

“Belum (dengar soal Gibran terlibat skandal bansos), masih di dapil (daerah pemilihan) mengevaluasi pilkada,” kata Hendrawan kepada IDN Times, Minggu (20/12/2020) malam.

Hendrawan juga enggan berkomentar tentang kabar dana hasil korupsi bansos yang disangkakan kepada Menteri Sosial Juliari Batubara itu, mengalir ke PDIP untuk memenangkan gelaran Pilkada 2020.

No comment,” kata Hendrawan singkat.

2. PKS minta kasus skandal bansos diusut tuntas

Skandal Bansos, Gibran Putra Jokowi Jumpa Pers di Solo Pagi IniIDN Times / Irfan Fathurohman

Sementara itu, anggota DPR Fraksi PKS Mardani Ali Sera meminta KPK untuk mengusut tuntas kasus skandal bansos hingga ke hulunya. Ia meminta semua fakta harus dibuka, termasuk semua pihak yang ada bukti keterlibatan mesti dimintai keterangan dan diselidiki.

“Mendorong KPK untuk membongkar tuntas semua yang terlibat. Hukum mesti adil ke atas dan ke bawah,” kata Mardani kepada IDN Times.

3. Tagar #TangkapAnakPakLurah trending di Twitter

Skandal Bansos, Gibran Putra Jokowi Jumpa Pers di Solo Pagi IniGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Akibat kabar tersebut, tagar #TangkapAnakPakLurah trending di Twitter pada Minggu (20/12/2020) malam. Hal ini lantaran hasil investigasi Majalah Tempo menyebut Gibran merekomendasikan PT Sritex untuk terlibat dalam proyek bansos kepada mantan Menteri Sosial Juliari Batubara yang kini berstatus tersangka dalam kasus ini.

Mengutip Tempo, Juliari disebut memerintahkan dua stafnya untuk menghentikan pencarian vendor penyedia tas goodie bag bansos karena akan diproduksi Sritex.

Kepada Tempo, dua staf itu mengatakan bahwa Sritex merupakan rekomendasi Gibran yang disebut anak 'Pak Lurah'.

Wakil Sekretraris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief juga turut meramaikan tagar tersebut di Twitter. Ia mempertanyakan kebenaran sebutan Anak Pak Lurah yang menjadi viral di Twitter.

"Benarkah Gibran anak Pak Lurah?" ujar Andi seperti dikutip dari Twitternya.

"Kalau benar Gibran ada dalam skema bancakan pengadaan bansos, Pak Jokowi semestinya tahu apa yang sekarang harus dia lakukan," ujarnya.

Baca Juga: Gibran Terseret Kasus Korupsi Bansos, #TangkapAnakPakLurah Trending

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya