Comscore Tracker

WNI di Kapal Pesiar Diamond Princes Dievakuasi dengan KRI Soeharso-990

Pemerintah segera lakukan evakuasi tahap II

Jakarta, IDN Times -  Pemerintah Indonesia menyiapkan KRI Soeharno-990 untuk mengevakuasi kemanusiaan tahap II Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Kapal Pesiar Diamon Princess. KRI Soeharso-990 itu akan segera bertolak ke Yokohama, Jepang setelah proses untuk penjemputan selesai dilakukan pemerintah.

Keputusan ini diambil setelah kementerian atau lembaga terkait melakukan rapat teknis dengan Pemerintah Jepang terkait penyebaran virus corona di Kapal Pesiar Diamond Princess.

“Sesuai Inpres No.4/2019, evakuasi kemanusiaan dan gotong royong kemanusiaan dikoordinir oleh dua Menko: Polhukam dan PMK,” kata Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/2).

Baca Juga: Kemenkes: Semua WNI di Diamond Princess Berpotensi Kena Virus Corona

1. Empat WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess positif virus corona atau Covid-19

WNI di Kapal Pesiar Diamond Princes Dievakuasi dengan KRI Soeharso-990Warga menggunakan masker dan kacamata pelindung saat berjalan di jalan sempit dekat trotoar Qianmen, akibat mewabahnya virus corona di negara tersebut, di Beijing, Tiongkok, pada 18 Februari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Tingshu Wang)

Kedutaan Besar RI (KBRI) di Jepang dan Kementerian Luar Negeri terus berkomunikasi memantau 78 WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess. Sebanyak 74 orang dinyatakan sehat, namun 4 orang WNI dinyatakan positif terdampak virus corona atau Covid-19.

"Sudah dirawat dengan sangat baik di rumah sakit di Jepang yang memenuhi semua protokol WHO," ujar Fadjroel.

2. Pemerintah masih menyelesaikan prosedur evakuasi

WNI di Kapal Pesiar Diamond Princes Dievakuasi dengan KRI Soeharso-990Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 12 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo terus menerima laporan terakhir tentang keadaan WNI di Yokohama, dan memerintahkan semua pihak di dalam negeri untuk mempersiapkan evakuasi kemanusiaan tahap 2.

“Serta menyelesaikan semua prosedur evakuasi kemanusiaan tahap 2 dari Yokohama ke Indonesia, kepada pihak pemerintah dan otoritas lainnya di Jepang,” papar Jokowi.

3. Evakuasi dilakukan menggunakan KRI Soeharso-990

WNI di Kapal Pesiar Diamond Princes Dievakuasi dengan KRI Soeharso-990KRI dr Soeharso bersandar di Dermaga Komando Armada II Surabaya, Kamis (20/2/2020). ANTARA/Aditya Ramadhan

Ratusan penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess telah menjalani karantina selama 14 hari, setelah ditemukannya kasus positif virus corona di kapal tersebut. Presiden Jokowi telah menyatakan bahwa evakuasi akan segera dilakukan. Namun, belum diputuskan kapan evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess dilakukan.

Menurut informasi, evakuasi WNI dari Jepang akan menggunakan KRI Soeharso-990. KRI Soeharso-990 ini merupakan satu-satunya Kapal Perang Bantu Rumah Sakit yang dimiliki Indonesia.

Baca Juga: Penumpang Kapal MS Westerdam yang Sempat Kena Virus Corona Sembuh

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya