Comscore Tracker

[UPDATE] WHO: 106 Orang Meninggal Akibat Virus Corona

Virus ini sudah menginfeksi 4.559 orang di 11 negara

Jakarta, IDN Times - Korban akibat wabah Virus Corona tipe baru (2019-nCov) terus bertambah. Badan Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO), merilis data terbaru secara global per 27 Januari. 

Virus Corona yang mulai muncul di Kota Wuhan, Tiongkok ini sudah menginfeksi 4.559 orang dengan korban meninggal mencapai 106 orang. Data ini dikeluarkan oleh Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok seperti dilansir channelnewsasia.com

Baca Juga: Penting! 5 Cara Penularan Virus Corona, Bisa Lewat Nafas dan Ludah  

1. Di luar Tiongkok ada 37 kasus infeksi virus corona baru yang tersebar di 11 negara

[UPDATE] WHO: 106 Orang Meninggal Akibat Virus Corona(Nomor hotline untuk dihubungi soal virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Menurut data WHO, di Tiongkok, termasuk Hong Kong, Makau, dan Taipei, ada 2.741 kasus positif infeksi virus corona baru. Sementara 5.794 kasus masih diduga terinfeksi virus corona baru, 461 yang sakit parah.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Selasa, di luar Tiongkok, terdapat 37 kasus infeksi virus corona baru yang tersebar di 11 negara yakni Jepang (4), Korea Selatan (4), Vietnam (2), Singapura (4), Australia (4), Malaysia (4), Thailand (5), Nepal (1), Amerika Serikat (5), Kanada (1), dan Prancis (3).

Kasus yang terdeteksi di luar Tiongkok terjadi pada warga berusia dua sampai 74 tahun (median usia 45 tahun) dan 71 persen terjadi pada laki-laki.

2. Dari 37 kasus, 36 di antaranya punya riwayat perjalanan ke Tiongkok

[UPDATE] WHO: 106 Orang Meninggal Akibat Virus CoronaVirus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong. (IDN Times/Yogi Pasha)

Selain itu, dari 37 kasus yang terjadi di luar Tiongkok, 36 di antaranya terjadi pada orang yang punya riwayat perjalanan ke Tiongkok, 34 di antaranya punya riwayat perjalanan ke Wuhan.

WHO menyatakan, perkiraan masa inkubasi virus 2019-nCov dua sampai 10 hari, dan mengingatkan bahwa penularan antar manusia bisa terjadi meskipun orang yang sudah terinfeksi belum menunjukkan gejala sakit.

Baca Juga: WNA Asal Wuhan di Cilacap Diduga Kena Virus Corona, Dirujuk ke RS

3. WHO mengimbau untuk menghindari kontak langsung

[UPDATE] WHO: 106 Orang Meninggal Akibat Virus CoronaWisatawan mengunjungi Dazaifu memakai masker di Dazaifu, Prefektur Fukuoka, Jepang. ANTARA FOTO/REUTERS/The Yomiuri Shimbun/Takashi Ozaki

WHO mengimbau masyarakat dunia untuk menghindari terinfeksi virus corona dengan  menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit infeksi saluran pernapasan akut, cuci tangan menggunakan sabun khususnya setelah bertemu langsung dengan orang yang sedang sakit, menghindari kontak dengan hewan ternak atau hewan liar tanpa alat pelindung diri, dan menerapkan etika batuk.

Selain itu, WHO juga menganjurkan fasilitas kesehatan menerapkan standar pencegahan dan pengendalian penyakit infeksi, khususnya di bagian gawat darurat.

https://www.youtube.com/embed/peYO9b8N3dA

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya