Komentari Ibu Kota Baru, Sandiaga: Bukan Prioritas

Ada yang lebih penting, salah satunya terkait SDM

Jakarta, IDN Times - Sandiaga Uno mengomentari rencana Presiden Joko “Jokowi” Widodo memindahkan ibu kota ke Kalimantan. Mantan calon wakil presiden itu menyebut pemindahan ibu kota bukan prioritas.

“Menurut saya bukan prioritas ya, tapi karena presiden sudah menyampaikan ya kita harus pelajari secara keseluruhan,” kata Sandiaga usai Sidang Tahunan MPR RI di Jakarta, Jumat (16/8).

Menurut Sandiaga, seharusnya pembangunan SDM dan investasi negara menjadi prioritas pemerintah ke depan. “Pembangunan SDM unggul dan yang perlu kita cermati adalah bahwa ekonomi yang terus berubah dengan investasi yang sekarang harus fokusnya,” ujar Sandiaga.

Selain itu, kata dia, pemerintah terlebih dahulu membentuk regulasi yang berawal dan berakhir untuk perlindungan rakyat.

“Karena sekarang tentunya pada saat yang ekonomi memberatkan, kita mesti melihat dampak kepada taraf hidup rakyat baik yang ada di Pulau Jawa maupun yang di seluruh wilayah Kalimantan,” ucapnya.

Namun, Sandiaga tetap ingin mengkaji rencana tersebut. Menurutnya perlu perhitungan yang matang apalagi biayanya tidak murah.

“Kita harus hati-hati, kami tidak langsung bilang setuju atau tidak, tapi kami ingin pelajari lebih saksama karena jumlah biayanya berapa, sumber dananya berapa, dan dampak untuk lapangan kerja dan harga-harga bahan pokok yang dirasakan karena kita khawatir nanti harga properti naik semua di pulau Kalimantan,” kata Sandiaga.

Baca Juga: Kece! Susi Tampil Beda dengan Setelan Jas Hitam di Sidang Tahunan MPR

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya