Comscore Tracker

Sah! 5 Pimpinan Baru KPK Terpilih Diputuskan DPR dalam Rapat Paripurna

Irjen (Pol) Firli Bahuri terpilih jadi ketua baru KPK

Jakarta, IDN Times - Lima pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 telah disahkan DPR RI dalam rapat paripurna, Senin(16/9). kelima pimpinan KPK ini merupakan hasil dari uji kelayakan dan kepatutan yang sudah dilakukan.

"Apakah laporan Ketua Komisi III tentang uji kelayakan dan kepatutan pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023 dapat kita setujui?" kata pimpinan rapat paripurna Fahri Hamzah di gedung DPR, Jakarta, Senin (16/9).

Penetapan lima pimpinan baru KPK ini lebih cepat dari jadwal yang seharusnya. Padahal, masa kerja pimpinan KPK sebelumnya akan berakhir pada Desember 2019, nanti. Namun, DPR RI tetap menetapkan dan mengusulkan pelantikan lima pimpinan baru KPK dipercepat.

1. Fahri akan mengusulkan pelantikan pimpinan KPK baru dipercepat

Sah! 5 Pimpinan Baru KPK Terpilih Diputuskan DPR dalam Rapat ParipurnaIDN Times/Irfan fathurohman

Ketika dikonfirmasi oleh media, Fahri turut mengusulkan agar pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih langsung dilantik oleh presiden dalam waktu dekat. Menurutnya, tidak perlu menunggu masa jabatan berakhir pada 21 Desember mendatang.

"Tidak ada definitif harus tanggal 21 Desember, karena ini sudah mundur tiga. Kemudian yang keempat terpilih kembali, satu yang belum mundur sebagian teman-teman ada yang berpandangan ya sudah lantik aja langsung,” kata Fahri. 

Baca Juga: [BREAKING] Pimpinan KPK Kembalikan Mandat ke Presiden Jokowi

2. Alexander Marwata tidak dapat langsung dilantik

Sah! 5 Pimpinan Baru KPK Terpilih Diputuskan DPR dalam Rapat ParipurnaANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Dengan adanya satu pimpinan petahana, Alexander Marwata yang terpilih kembali, kata Fahri, maka ia tak dapat langsung dilantik. Kini, publik tinggal menunggu bagaimana sikap dari komisioner perempuan satu-satunya, Basaria Panjaitan. 

"Terutama yang tiga sebagai pengganti gitu lho karena Pak Alex sudah ada di situ kan, berarti tinggal satu yang tidak dilantik, menunggu Ibu Basaria,” kata Fahri. 

Ia melanjutkan, situasi akan berbeda apabila Basaria turut mundur secara sukarela. Maka, semua pimpinan yang baru terpilih bisa segera dilantik. 

"Tapi (kalau) Ibu Basaria mengatakan lebih baik satu paket, saya mundur bukan untuk protes kepada pemerintah, tetapi untuk memuluskan kerja dari tim baru, maka itu juga bisa sekaligus dilantik lima-limanya tidak ada masalah,” tuturnya lagi. 

3. DPR akan menyurati Presiden agar mempercepat pelantikan

Sah! 5 Pimpinan Baru KPK Terpilih Diputuskan DPR dalam Rapat ParipurnaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Fahri menjelaskan DPR segera menyurati Presiden Joko "Jokowi" Widodo agar melantik lima pimpinan baru. Surat akan dikirim usai parlemen menggelar rapat paripurna pada siang ini sekitar pukul 13:00 WIB. 

"Kita surati presiden tunggu perkembangan, tapi menurut saya di situ empat sudah bisa dilantik. Tinggal satu saja tidak,” kata dia lagi. 

4. Lima pimpinan baru KPK yang terpilih

Sah! 5 Pimpinan Baru KPK Terpilih Diputuskan DPR dalam Rapat ParipurnaANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Komisi III DPR memilih pimpinan KPK periode 2019-2023 usai melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap 10 capim melalui voting. Mereka memilih lima pimpinan KPK dengan suara terbanyak. Ada 56 anggota Komisi III yang ikut voting. 

Berikut hasil voting terbanyak Komisi III DPR: 

Nawawi Pomolango (Hakim) : 50 suara

Lili Pintauli Siregar (Advokat) : 44 suara

Nurul Ghufron (Dosen/Akademisi) : 51 suara

Alexander Marwata (Komisioner KPK) : 53 suara

Firli Bauri (Anggota Polri) : 56 suara

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Penasihat Tsani Annafari: KPK Itu Sudah Mati Suri

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya