Diduga Pakai Narkoba, Polri Siap Tindak Tegas Kapolsek Astana Anyar

Kapolsek Astana Anyar dan 11 anggotanya diamankan Propam

Jakarta, IDN Times - Kadiv Humas Mabes Polri Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan menindak tegas Kapolsek Astana Anyar Kota Bandung bersama sebelas anggotanya karena diduga menyalahgunakan narkoba.

“Pencegahan internal dan tindak tegas kalau ada kesalahan,” kata Argo saat dihubungi, Kamis (18/2/2021).

Propam Mabes Polri dan Propam Polda Jabar sebelumnya menangkap Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi pada Selasa, 16 Februari 2021. Selain dia, 11 anggota Polsek Astana Anyar pun kut diamankan berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba.

1. Polri masih memeriksa yang bersangkutan meski ada ancaman hukuman mati

Diduga Pakai Narkoba, Polri Siap Tindak Tegas Kapolsek Astana AnyarIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Atas penangkapan tersebut, Argo sebut jajarannya masih dalam proses pemeriksaan yang bersangkutan dan 11 anggota lainnya. Meski ada ancaman hukuman mati, namun Argo mengatakan perlu pendalaman lebih lanjut.

“Kita harus melihat fakta hukum di lapangan dari kasus tersebut. Apakah hanya pemakai, apakah ikut-ikutan, apakah pengedar, semua perlu pendalaman oleh penyidik,” kata Argo.

Baca Juga: Kapolsek Astana Anyar dan Belasan Anggota Diciduk Diduga Narkoba

2. Penangkapan Kompol Yuni karena ada aduan masyarakat

Diduga Pakai Narkoba, Polri Siap Tindak Tegas Kapolsek Astana AnyarIlustrasi bekerja (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Kepala Humas Polda Jabar Kombes Erdi Chaniago membenarkan penangkapan tersebut. Dia menuturkan, kejadian ini bermula dari pengaduan masyarakat yang disampaikan kepada Propam Mabes Polri.

Dari sana pihak Mabes Polri menyampaikan ke Prompam Polda Jabar, yang seketika langsung bergerak menuju Polsek Astana Anyar untuk mencari beberapa orang yang sudah dicurigai.

"Kemudian dari situ Prompam Polda Jabar mengamankan beberapa orang dan dilakukan cek urine. Sampai saat ini masih dilakukan pendalaman dalam pemeriksaan oleh Propam Polda Jabar," kata Erdi, Rabu, 17 Februari 2021.

Propam selanjutnya mengamankan beberapa orang. Kemudian dilakukan cek urin dan sebagainya. Hingga saat ini, masih dilakukan pendalaman dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh Propam Polda Jabar.

3. Saat penangkapan tidak ada barang bukti yang diamankan

Diduga Pakai Narkoba, Polri Siap Tindak Tegas Kapolsek Astana AnyarDok.IDN Times/istimewa

Menurut Erdi, pada saat 12 orang tersebut diamankan Propam Polda Jabar tidak menemukan barang bukti yang berhasil diamankan. Meski demikian, kepastian dugaan penyalahgunaan tersebut bisa dibuktikan melalui tes urine.

"Nah, sekarang masih dilakukan tes urine dan masih dilakukan pemeriksaan, nanti perkembangan akan kita sampaikan. Ini yang masih coba kita dalami," ujarnya.

Dengan adanya belasan anggota yang diamankan di Polsek Astana Anyar, Erdi memastikan pelayanan di kantor kepolisian tersebut tidak akan terganggu. Roda organisasi harus terus berjalan karena sistem sudah bisa bergerak meski ada anggota yang sakit, tidak hadir, atau sebagainya.

"Pelayanan tetap berjalan, kan ada wakil dan personel lainnya," kata dia.

Baca Juga: 12 Anggota Polsek Astana Anyar Gunakan Narkoba, Begini Respons kapolda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya