BPN Beberkan Sosok di Balik Kemenangan 62 Persen Prabowo-Sandiaga

Sosok itu ternyata seorang profesor

Jakarta, IDN Times - Kisruh klaim kemenangan 62 persen untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, akhirnya terungkap. Badan Pemenangan Nasional (BPN) mengungkapkan siapa sosok di balik perolehan angka 62 persen tersebut.

Anggota BPN Vasco Ruseimy melalui vlog-nya, mewawancarai langsung tokoh yang melakukan penghitungan perolehan suara untuk Prabowo-Sandiaga. Dalam video yang diunggah di channel Yotube-nya, Macan Idealis, Rabu (8/5), Vasco memperkenalkan sosok bernama Profesor Laode.

Lalu, siapa sosok dan peran Laode di BPN?

1. Profesro Laode “otak” penghitungan perolehan suara Prabowo-Sandiaga

BPN Beberkan Sosok di Balik Kemenangan 62 Persen Prabowo-SandiagaIDN Times/istimewa

Vasco menjelaskan Laode adalah satu di antara tim pemenangan Prabowo-Sandiaga beserta koalisi kubu 02 lainnya. Selain itu, Laode juga disebut sebagai otak dari penghitungan perolehan suara Prabowo-Sandiaga pada Pilpres 2019.

"Biar teman-teman tahu, Beliau adalah koordinatornya, otaknya yang mengumpulkan dan mengkolek semua data C1, baik itu dari relawan dan yang lain-lain, semua dikumpulkan untuk pemenangan tim Pak Prabowo-Sandi lah intinya dan partai koalisi," ujar dia.

Baca Juga: Klaim Raih Suara 62 Persen, Dari Mana Sumber Data Kubu Prabowo?

2. Profesor Laode memastikan data Prabowo-Sandiaga soal angka suara valid

BPN Beberkan Sosok di Balik Kemenangan 62 Persen Prabowo-SandiagaANTARA FOTO/Galih Pradipta

Dalam rekaman tersebut, Vasco langsung menyinggung soal 'setan gundul' dan perolehan suara 62 persen untuk Prabowo-Sandiaga. Setan gundul hangat diperbincangkan baru-baru ini, lantaran Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief mengatakan partainya ingin menyelamatkan Prabowo.

Andi menyebut setan gundul memberikan informasi perolehan suara yang salah kepada Prabowo. Karena itu, Vasco meminta tanggapan kepada Laode perihal suara 62 persen tersebut.

Dengan tegas, Laode mengatakan, apa yang disampaikan Prabowo-Sandiaga adalah data-data valid. "Setiap apa yang diucapkan oleh Pak Prabowo dan Sandi itu semuanya disuplai dengan data-data yang valid," ujar dia.

3. Dari mana asal-usul data klaim kemenangan Prabowo-Sandiaga?

BPN Beberkan Sosok di Balik Kemenangan 62 Persen Prabowo-SandiagaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Laode menjelaskan asal-usul data klaim kemenangan Prabowo-Sandiaga. Menurut dia, pihaknya mengumpulkan data C1 menggunakan sebuah sistem yang menggunakan pesan singkat atau SMS.

"Misalnya, ini yang dipersoalkan data 62 persen dari mana sih sekian ja? Itu buat kami sudah di jauh hari kita sudah buat sistem pakai SMS saja. Jadi setiap orang yang telah menusuk (mencoblos) itu ya, kemudian keluar C1-nya, langsung saja di kirim. Nah, sistem itu dengan cepat sekali," jelas dia.

Menanggapi penjelasan itu, Vasco kembali bertanya, kapan data itu didapat.

"Oh, pas hari H itu ya Prof, ya?" tanya Vasco.

"Pas hari, sekian jam, kan (sama) sebetulnya model quick count atau exit poll saja itu sebenarnya" jawab Laode.

Laode menegaskan, klaim perolehan suara 62 persen kemenangan Prabowo-Sandiaga mulanya melalui SMS.

"Tapi kan kita lihat itu, kemudian ketika dikemukakan itu memang seperti itu, yang jumlah 62 persen itu kan SMS basisnya," beber Laode.

Lantas, Laode menjelaskan langkah selanjutnya dalam mengumpulkan suara Pilpres 2019.

"Kemudian baru belakangan segera kita susuli dengan pekerjaan, kita minta dari saksi-saksi, kemudian dari relawan satgas, relawan itu kan banyak, kemudian dari emak-emak juga, kemudian dari partai-partai," kata dia.

"Semua segera mengumpulkan dan kita kumpulkan," ujar Laode, menambahkan.

4. Hingga saat ini BPN masih terus mengumpulkan C1

BPN Beberkan Sosok di Balik Kemenangan 62 Persen Prabowo-SandiagaIDN Times/Irfan fathurohman

Laode menuturkan hingga kini pihaknya tetap mengumpulkan data C1.

"Jangan lupa empat hari setelah 17 April 2019 itu, orang gak sadar pentingnya C1. Kami sudah sadari itu, kami kumpulin sampai hari ini kita kumpulin terus-menerus dan pengumpulan itu kita sortir juga, tentunya. Nah, dari situ lah data nya lengkap," kata dia.

Baca Juga: Andi Arief: Setan Gundul Beri Info Sesat 02 Menang 62 Persen

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya