Besok Puncak Arus Mudik, Kendaraan Berat Dilarang Melintas 

Dilarang melintasi jalur mudik pada 30 Mei-2 Juni 2019

Jakarta, IDN Times - Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 31 Mei 2019. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Pada Masa Angkutan Lebaran Tahun 2019.

Untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas dan angkutan, serta mengoptimalkan penggunaan lalu lintas, akan ada pembatasan bagi kendaraan berat. Jalur Bandung-Nagreg-Tasikmalaya adalah salah satu jalur yang terkena dampak pembatasan ini.

“Kami memang akan melakukan pelarangan kendaraan berat kecuali truk yang mengangkut sembako mulai tanggal 30 Mei sampai 2 Juni 2019,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu (29/5).

1. Pemudik diimbau melintasi jalur alternatif

Besok Puncak Arus Mudik, Kendaraan Berat Dilarang Melintas ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Budi mengatakan, jalan Tol Trans-Jawa diprediksi menjadi jalur favorit para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menghindari terjadinya kepadatan kendaraan, jalur selatan bisa menjadi alternatif yang baik untuk dilewati para pemudik.

"Karena kondisinya dipastikan siap untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Jalur selatan ini menjadi favorit dan bisa menjadi alternatif bagi pemudik. Jadi orang jangan hanya menggunakan jalan tol saja. Oleh karenanya kami melihat ini supaya memastikan jalur selatan ini berjalan dengan baik dan jalur selatan telah siap untuk menghadapi arus mudik dan balik tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga: Mudik Lewat Tol Cipali, Waspadai Kecepatan Kendaraan 

2. Jalur selatan Jawa diprediksi lebih lengang

Besok Puncak Arus Mudik, Kendaraan Berat Dilarang Melintas IDN Times/Auriga Agustina

Jalur selatan Jawa seperti Nagreg, Tasikmalaya, dan Garut diprediksi akan lebih lengang daripada jalur yang lain. "Selain itu, pemandangan indah dan banyaknya tempat pariwisata bisa menjadi pilihan jalur yang menyenangkan bagi pemudik," kata Budi.

3. Arus mudik alternatif telah disiapkan

Besok Puncak Arus Mudik, Kendaraan Berat Dilarang Melintas Antara Foto

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan mengapresiasi pihak-pihak terkait yang telah mempersiapkan pengaturan lalu lintas untuk arus mudik lebaran, khususnya di jalur selatan Jawa Barat. Selain arus mudik alternatif, poko kesehatan pun sudah disiapkan. 

“Bagaimana pengaturan arus satu arah atau bagaimana nanti membuat jalur-jalur tertentu agar tidak macet oleh pihak kepolisian di sini bekerja sama dengan Bupati, Pemda dan Kementerian terkait yang sudah menyiapkan. Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan pihak-pihak terkait yang sudah menyiapkan arus mudik lebaran, kali ini dapat berjalan lebih baik dan lancar,” jelas Puan.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Belum Optimal untuk Mudik 2019

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya