Arus Balik Libur Tahun Baru, Kemenhub Batasi Kendaraan di Tol Japek

Pembatasan untuk mencegah kepadatan di Tol Layang Japek

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan akan membatasi kendaraan yang melewati Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek). Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, langkah itu diambil untuk mengatasi arus balik Natal dan Tahun Baru. Menurut dia, banyak warga yang ingin kembali cepat dengan melintasi Tol Layang Japek.

"Kemarin pada saat arus libur dari barat ke timur kami sudah punya pengalaman atas tol layang. Saya pikir pembatasan kecepatan, pembatasan masuknya kendaraan, dan penyiapan area emergency itu menjadi relevan untuk dilakukan pada arus balik,” ujar Budi dalam keterangannya, Selasa (31/12).

1. Pembatasan kendaraan untuk mencegah kepadatan di Tol Layang Japek

Arus Balik Libur Tahun Baru, Kemenhub Batasi Kendaraan di Tol JapekIDN Times/Hana Adi Perdana

Budi menjelaskan, pembatasan kendaraan dan kecepatan dilakukan agar tak terjadi kepadatan di Tol Layang Japek. Budi juga mengimbau masyarakat yang menggunakan Tol Layang Japek untuk memerhatikan kondisi kendaraan dan stamina pengemudi.

"Kami meminta Jasa Marga melakukan pengaturan pembatasan kendaraan yang akan naik tol layang. Tidak boleh seperti kemarin tidak ada pembatasan, sehingga terlalu banyak yang naik," jelasnya.

Baca Juga: Libur Natal, Jasa Marga Lakukan Contraflow di Tol Japek

2. Tol Cipali rawan kecelakaan

Arus Balik Libur Tahun Baru, Kemenhub Batasi Kendaraan di Tol JapekIDN Times/Debbie Sutrisno

Selain membahas Tol Layang Japek, kata Budi, Tol Cipali juga telah dipetakan sebagai titik krusial karena rawan kecelakaan. Dia mengatakan, perlu dilakukan analisis lebih detail terkait rest area di sekitar Cipali dan membangun pembatas di tengah jalur Tol Cipali untuk menghindari kecelakaan dua arah. Menurut dia, analisis tersebut bisa digunakan juga sebagai persiapan menghadapi Angkutan Lebaran Tahun 2020.

"Ini harus disiapkan, lebaran masih tiga bulan lagi tapi kita harus lakukan persiapan dari sekarang. Masukan-masukan di diskusi tadi tolong diinventarisir dan minggu depan saya tugaskan Dirjen (Perhubungan) Darat mengkoordinasikan persiapan rencana lebaran ini," katanya.

3. Arus balik Nataru 1-5 Januari 2020

Arus Balik Libur Tahun Baru, Kemenhub Batasi Kendaraan di Tol JapekTol Layang Japek II (ANTARA FOTO/Jasa Marga)

Budi mengatakan, arus balik Nataru akan tersebar mulai dari tanggal 1 Januari 2020 hingga 5 Januari 2020. Diharapkan seluruh stakeholder yang bertugas seperti Kepolisian, Jasa Marga dan lainnya, dapat mempersiapkan tim lengkap.

"Sehingga jika ada peningkatan volume kendaraan dapat segera dapat ditangani dengan cara bertindak yang tepat," katanya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Arus Mudik di Tol Japek Tujuan Cikampek Tersendat Akibat Kecelakaan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya