13 Ribu Karyawan BUMN Dipaksa ke Konser Putih Jokowi-Ma'ruf, Benarkah?

BUMN akan menggelar peringatan HUT di Monumen Nasional

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Meutya Hafid menepis kabar pemaksaan 13 ribu karyawan BUMN untuk menghadiri Konser Putih Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin. Konser tersebut merupakan pentas penutup kampanye capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu (13/4).

1. BUMN akan menggelar peringatan HUT di Monumen Nasional

13 Ribu Karyawan BUMN Dipaksa ke Konser Putih Jokowi-Ma'ruf, Benarkah?IDN Times/Mahendra

Meutya mengatakan, fakta sebenarnya adalah pada tanggal tersebut Kementerian BUMN dan BUMN Bersama akan menggelar peringatan puncak HUT mereka di Monumen Nasional. Acara peringatan tersebut sudah dirancang jauh hari untuk merayakan HUT beberapa BUMN yang berulang tahun sepanjang Maret hingga Mei 2019.

"Saya mendapat keterangan tersebut dari sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto," ujar Meutya dalam keterangan tertulis, Selasa (9/4).

2. TKN menyesalkan kabar bohong yang beredar

13 Ribu Karyawan BUMN Dipaksa ke Konser Putih Jokowi-Ma'ruf, Benarkah?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meutya melanjutkan, konfirmasi itu tak hanya didapatkan dari Kementerian BUMN. Penjelasan serupa juga diperoleh anggota legislatif Partai Golkar itu dari beberapa BUMN, seperti Jasa Marga, Bulog, dan Perhutani.

"Saya sangat menyayangkan dan menyesalkan jika ada media yang ikut menyebarkan kabar bohong yang tidak dikonfirmasi sebelumnya. Bagaimana tidak, acara ulang tahun sebuah institusi negara bisa diputarbalikkan dan dibilang akan dimobilisasi untuk kampanye," katanya.

Baca Juga: Alasan Gerakan #BarengJokowi Gelar Konser Putih Bersatu

3. TKN tidak pernah mengimbau BUMN untuk mengikuti konser putih

13 Ribu Karyawan BUMN Dipaksa ke Konser Putih Jokowi-Ma'ruf, Benarkah?Mahendra

Meutya menambahkan, TKN tidak pernah mengimbau atau mengajak BUMN atau insitusi pemerintah untuk mengikuti acara konser putih yang akan menampilkan musisi-musisi tanah air. Menurut dia, konser putih yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno merupakan hasil kerja relawan yang tergabung di gerakan #barengjokowi, koalisi partai pendukug, dan pendukung, serta simpatisan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Acara itu digelar oleh rakyat dan untuk rakyat yang cinta Jokowi-Ma'ruf Amin," tegasnya.

4. Masyarakat diimbau waspada berita hoaks jelang pemilu

13 Ribu Karyawan BUMN Dipaksa ke Konser Putih Jokowi-Ma'ruf, Benarkah?IDN Times/Debbie Sutrisno

Meutya mengatakan, kewaspadaan atas berita hoaks dan fitnah harus terus ditingkatkan jelang pemilihan presiden dan legislatif 17 April mendatang. Sebab, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab akan memanfaatkan.

"Bahkan memutarbalikkan fakta sehingga hal yang tidak benar diungkap ke publik dengan tujuan memunculkan persepsi yang buruk terhadap lembaga atau institusi tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Pilpres 2019, PDIP Yakin Jokowi-Ma'ruf Menang di Sumatera

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya