Susunan Exco PSSI 2019-2023 Masih Dipenuhi Para Perangkap Jabatan

Yoyok dan Hasnur identik dengan klub dan anggota DPR

Jakarta, IDN Times - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akhirnya rampung. Mochamad Iriawan secara resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI yang baru, ditemani dua wakilnya, yakni Cucu Sumantri dan Iwan Budianto dalam periode kepemimpinan 2019-2023.

Ketiga orang yang termasuk dalam kepengurusan ini juga tak akan bekerja sendirian. Mereka akan ditemani 12 Komite Exco lain yang juga berhasil tersaring lewat pemungutan suara terakhir yang berlangsung dua putaran dalam KLB kali ini.

1. Dirk Soplanit meraih suara tertinggi diikuti Sonhaji

Susunan Exco PSSI 2019-2023 Masih Dipenuhi Para Perangkap JabatanIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dari total 12 Exco periode terbaru, nama-nama lama masih menghiasi kepengurusan federasi sepakbola tertinggi Tanah Air tersebut semisal Dirk Soplanit, Pieter Tanuri, Yoyok Sukawi, dan Yunus Nusi.

Dirk Soplanit sendiri berhasil mendapatkan suara tertinggi dengan raihan 62 suara, diikuti Sonhaji yang mampu mendapatkan 58 suara, dan Ahmad Riyadh 55 suara. Selanjutnya, Pieter Tanuri, mampu mendapatkan pundi-pundi sebanyak 52 poin.

Baca Juga: Jadi Ketum PSSI, Iwan Bule: Ini Kemenangan Insan Sepakbola Indonesia

2. Yoyok masih dipercaya jadi Exco

Susunan Exco PSSI 2019-2023 Masih Dipenuhi Para Perangkap Jabataninstagram.com/yoyok_sukawi

Ada juga nama Yoyok, yang ternyata masih dipercaya untuk jadi Exco dalam periode kali ini dengan perolehan 45 suara. Perolehan suaranya sama dengan Haruna Soemitro dan Juni Rahmat yang juga lolos dengan perolehan suara serupa.

Nama-nama lain yang muncul adalah, Endri Erawan (44), Hasnuryadi Sulaiman (44), Yunus Nusi (44), Vivin (47), dan orang baru yang malang-melintang di dunia basket plus pernah juga jadi panitia Piala Presiden perdana yakni Direktur Eksekutif Mahaka Sports, Hasani Abdul Gani (49).

3. Masih ada Exco yang merupakan orang-orang klub Liga 1

Susunan Exco PSSI 2019-2023 Masih Dipenuhi Para Perangkap JabatanIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dari nama-nama di atas, beberapa di antaranya memiliki latar belakang politik sebut saja seperti Yoyok (Partai Demokrat), atau Hasnuryadi (Partai Golkar), yang juga menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

Tak hanya itu, keduanya juga masih terafiliasi dengan klub-klub di Liga 1, di mana Yoyok bersama PSIS dan Hasnur di Barito Putera. Ada juga Exco lain yang juga masih identik dengan klub seperti Haruna (Madura United) dan Endri Erawan (Mitra Kukar).

Baca Juga: Agenda Pertama Iwan Bule Usai Jadi Ketua PSSI: SEA Games 2019

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya