Iwan Bule Optimistis Jadi Ketum PSSI karena Didukung 50 Persen Voters

Iwan Bule didukung Asprov PSSI Jawa Barat

Jakarta, IDN Times - Genderang perang sudah ditabuh oleh Komjen Pol. Mochamad Irianto atau biasa disapa Iwan Bule, kepada para pesaingnya dalam pertarungan pemilihan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Ia begitu Yakin jika dalam Kongres PSSI nanti dirinya bisa melangkah mulus jadi orang nomor satu federasi sepakbola Tanah Air periode 2020-2024.

Eks Kapolda Metro Jaya itu mulai yakin setelah beberapa voters mendeklarasikan diri untuk mendukungnya menjadi Ketum PSSI. Menurut dia, sekitar 50 voters sudah menghubunginya langsung untuk membantu niat baik Iwan maju jadi PSSI satu.

1. Iwan siap abdikan sisa hidupnya untuk sepakbola

Iwan Bule Optimistis Jadi Ketum PSSI karena Didukung 50 Persen VotersIDN Times/Vanny El Rahman

Para voters tersebut diklaim Iwan sudah berkomitmen membantu niat tulusnya untuk mengembangkan sepakbola Indonesia. Mereka tertarik dengan visi-misi yang diusung Iwan Bule saat nanti terpilih menjadi Ketum PSSI.

"Mudah-mudahan niat tulus voters-voters tersebut bisa tetap komitmen akan memilih saya saat kongres dilakukan. Saya sempat sampaikan visi-misi dan niat saya di tempat mereka masing-masing. Saya akan maksimalkan sisa hidup saya untuk kepentingan sepakbola negara Indonesia," ujar Iwan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Siap Komitmen untuk PSSI, Iwan Bule: Saya Wakafkan Nyawa untuk PSSI!

2. 50 voters komitmen untuk mendukung Iwan Bule jadi PSSI satu

Iwan Bule Optimistis Jadi Ketum PSSI karena Didukung 50 Persen VotersJoko Driyono, Ketua PSSI sementara. (IDN Times/Imam Rosidin)

50 voters yang sudah memastikan untuk memberi dukungan tersebut, kata Iwan, berasal dari beberapa Asosiasi Provinsi, klub, dan masih banyak lagi.

"Cukup banyak, sudah ada 23 klub, Asprov ada 20, sisanya ada di Liga 2 cukup banyak. Jadi hampir 50, mudah-mudahan komitmen ya”, bebernya.

Ia bersyukur ternyata niatnya tersebut mendapatan respons dan perhatian publik. Oleh sebab itu, ia berjanji bakal memberikan bakal mengabdi dan berkontribusi maksimal untuk kemajuan sepakbola Indonesia.

Disinggung terkait dinamika voters yang mudah berubah setiap kali Kongres PSSI berlangsung, Iwan tak peduli. Bagi pria kelahiran Jakarta itu, tugasnya adalah mencari dukungan untuk maju menjadi Ketum PSSI saja. Jika di tengah jalan, dukungan mereka berubah itu hak dari para voters.

"Saya nothing to lose, terpilih atau tidak. Saya hanya mencoba mengabdi untuk negara," ujar dia. "Buat mereka, kepastian pengelolaan liga dan pembinaan, itu saja! itu kenapa mereka berikan apresiasi ke saya," sambung Iwan.

3. Asprov Jawa Barat pertama kali mengusung Iwan maju jadi Ketum PSSI

Iwan Bule Optimistis Jadi Ketum PSSI karena Didukung 50 Persen VotersIDN Times/Imam Rosidin

Sementara, Ketua Asprov Jawa Barat, Tommy Apriantono, mengungkapkan bahwa dirinya cukup senang dengan respons voters yang positif terhadap pencalonan Iwan Bule. Sebab, lanjut dia, Asprov Jawa Barat-lah yang awalnya mengusung Iwan Bule untuk maju menjadi Ketum PSSI.

Tommy beralasan, pihaknya merasa Iwan adalah sosok yang tepat untuk maju. Apalagi, Iwan memiliki latar belakang kepolisian, hal itu kata Tommy bisa membuat organisasi bisa berjalan lebih transparan dan tegas menindak orang-orang yang memberikan dampak kurang baik bagi PSSI.

"Karena kita tahu kemarin match fixing itu terjadi, dan yang banyak ditangkap malah dari PSSI. Kita berharap dari Pak Iwan bisa menghabisi dari dalam. Kan Satgas Anti-mafia Bola dari luar. Kalau dari dalam bisa lebih bersih-bersih lagi karena kalau dari luar itu kan kesannya diobok-obok dari luar," ungkap Tommy.

4. Persita belum tentukan pilihan

Iwan Bule Optimistis Jadi Ketum PSSI karena Didukung 50 Persen VotersDok. Persita

Hal lain justru diungkapkan manajer Persita Tangerang, Nyoman Suryanthara. Menurutnya, sejauh ini Persita belum menentukan sikap untuk mendukung Iwan Bule. Sebab, lanjut dia, Persita ingin melihat terlebih dahulu calon lain yang menawarkan visi-misi berbeda dari Iwan.

Namun demikian, Nyoman mengakui pihaknya menyambut baik Iwan Bule yang mau mencalonkan diri untuk maju. Ia pun sudah mempelajari visi-misi Iwan. Hanya saja, ia belum memastikan mendukung siapa dalam Kongres PSSI pemilihan Ketum 2020 nanti.

Baca Juga: Iwan Bule akan Bawa Sepakbola Indonesia Berbicara di Dunia

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya