Wabah Virus Corona, Nadiem Makarim Siap Tunda Ujian Nasional

Ia juga mendukung sekolah diliburkan

Jakarta, IDN Times – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, mendukung keputusan sejumlah pemerintah daerah (Pemda) yang meliburkan kegiatan belajar mengajar selama 14 hari untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona.

"Dampak penyebaran COVID-19 akan berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Kami siap mendukung kebijakan (liburkan sekolah) yang diambil Pemda. Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama," ujar Nadiem seperti dikutip dari Antara, Minggu (15/3).

1. Mendikbud siap mendukung implementasi penundaan UN jika diperlukan

Wabah Virus Corona, Nadiem Makarim Siap Tunda Ujian NasionalMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan Merdeka Belajar Episode 4: Program Organisasi Penggerak (YouTube/KEMENDIKBUD RI)

Selain mendukung kebijakan Pemda yang meliburkan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah, Nadiem juga siap mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN) apabila sangat diperlukan.

Nadiem mengungkapkan bahwa penundaan UN akan dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan seluruh warga sekolah. Hal ini juga diharapkan dapat meminimalisasi penyebaran virus corona.

2. Mendikbud mendorong kegiatan pembelajaran melalui daring

Wabah Virus Corona, Nadiem Makarim Siap Tunda Ujian NasionalMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan Merdeka Belajar Episode 4: Program Organisasi Penggerak (YouTube/KEMENDIKBUD RI)

Beberapa lembaga pendidikan mengambil langkah dalam menyikapi penyebaran virus corona di lingkungan pendidikannya, seperti menerapkan kegiatan pembelajaran secara dalam jaringan (daring). 

Terkait hal tersebut, Mendikbud mengapresiasi langkah proaktif yang dilakukan di semua lini pemerintahan daerah serta mitra di kalangan swasta itu.

"Kemendikbud siap dengan semua skenario, termasuk penerapan bekerja bersama-sama untuk mendorong pembelajaran secara daring (dalam jaringan) untuk para siswa," Kata Nadiem.

3. Kemendikbud kembangkan Portal belajar.kemdikbud.go.id

Wabah Virus Corona, Nadiem Makarim Siap Tunda Ujian NasionalMendikbud Nadiem Makarim dalam acara Sinergi Pengelolaan Dana BOS dan Dana Desa Berbasis Kinerja (Dok.IDN Times/Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud)

Kemendikbud, kata Nadiem, juga tengah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android: Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id. 

Aplikasi Rumah Belajar yang dikembangkan oleh Kemendikbud ini dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Baik peserta didik maupun guru dapat mengakses sejumlah fitur yang dapat digunakan dalam aplikasi ini. Sejumlah fitur  yang dapat digunakan tersebut ialah Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal.

Baca Juga: Antisipasi Wabah Covid-19 di Sekolah, Ini Instruksi Nadiem Makarim 

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya