Siap-siap, Bakal Banyak Promo Liburan setelah COVID-19 Berakhir

Yang udah gak sabar liburan mana suaranya?

Jakarta, IDN Times - Chief Marketing Officer & Co-founder tiket.com, Gaery Undarsa, optimistis Indonesia bakal cepat pulih setelah wabah virus corona ini berakhir. Begitu juga dengan pariwisata di Indonesia.

Bahkan ia menyebut, setelah Indonesia pulih dari dampak COVID-19, bakal banyak hotel dan maskapai yang akan menawarkan paket-paket wisata menarik.

"Ada banyak hotel dan pesawat yang bakal kasih deal yang cukup bagus atau harga bagus untuk booking tahun depan," kata Gaery dalam video conference, Senin (13/4).

1. Bagaimana produk wisata pascawabah ini?

Siap-siap, Bakal Banyak Promo Liburan setelah COVID-19 BerakhirIlustrasi cuci tangan dengan bersih (IDN Times/Irma Yudistirani)

Dengan adanya wabah COVID-19 ini, masyarakat dinilai semakin sadar akan pentingnya kesehatan dan kebersihan. Gaery pun melihat hal ini akan berdampak pada lanskap pariwasata Indonesia ke depannya.

"Bakal banyak perubahan kalau dari segi kita sendiri, kan sifatnya kiat jual produk-produk supplier kita untuk pastikan bahwa produk mereka seperti hotel, airlines, kereta api supaya semua mengikuti standar kesehatan," ujar Gaery.

Baca Juga: Pariwisata Indonesia Baru Bisa Normal 7 Tahun Berselang dari COVID-19 

2. Pasar domestik bisa lebih cepat daripada internasional

Siap-siap, Bakal Banyak Promo Liburan setelah COVID-19 BerakhirIDN Times/Yogi Pasha

Selain itu, Gaery juga menyatakan pasar pariwisata Indonesia bisa lebih cepat pulih dibanding internasional. "Kalau internasional travel gak tahu. Karena ada hubunngan dengan negara lain dan recover-nya bertahap," katanya.

Nantinya, ia melihat masyarakat akan mulai berlibur dengan staycation di hotel karena sudah bosan di rumah. Kalau pun masyarakat nantinya memilih ke luar kota, maka mereka akan memilih berlibur dengan tidak menggunakan transportasi umum.

"Puncak, Bandung bakal rame duluan. Kita akan support ke sana. Kemudiam tahap kedua baru seperti Bali dan Jogja untuk recover. Barui terakhir pasar internasional," ujarnya.

3. Tiket.com bersiap dari sekarang

Siap-siap, Bakal Banyak Promo Liburan setelah COVID-19 BerakhirIDN Times/Ester Ajeng

Selain mengurusi masalah refund dan reschedule wisata, Gaery mengatakan tiket.com juga berfokus pada persiapan diri setelah virus corona mereda. Berkaca pada Tiongkok yang sudah mulai pulih dari virus corona, kini mulai banyak orang bergerak.

"Karena udah lama gak kemana-mana. Kita percaya itu akan ready. Prdouk development dan produk kita gak berubah, project kita malah banyak," katanya.

"Kita akan bantu supplier kita supaya recover cepat. Kita fokus ke klien supaya balik lagi," katanya menambahkan.

Baca Juga: Butuh 7 Tahun, Wishnutama Optimistis Percepat Pemulihan Pariwisata

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya