Comscore Tracker

Tanpa Smartphone Tetap Bisa Ikut Pelatihan Kartu Prakerja? Ini Caranya

Bagikan juga informasi penting ini ke temanmu!

Jakarta, IDN Times - Pada Senin (20/4) mendatang, pemerintah akan mulai menggelar gelombang pertama peserta kartu prakerja. Dua hari sebelum itu, tepatnya sejak Sabtu (18/4), pemerintah akan menyebarkan SMS pemberitahuan untuk 200 ribu peserta kartu prakerja.

Nantinya peserta akan diminta mengikuti pelatihan hingga mendapatkan e-sertifikat. Namun bagaimana kalau peserta tidak punya smartphone untuk mengakses pelatihan yang ada di 8 platform seperti Tokpedia, Bukalapak, Ruangguru dan lain-lain?

Tenang aja, kamu atau teman kamu yang termasuk peserta kartu prakerja, tetap bisa mengikuti pelatihan, kok. Cek caranya di sini:

1. Pemerintah sudah kerja sama dengan dinas di daerah

Tanpa Smartphone Tetap Bisa Ikut Pelatihan Kartu Prakerja? Ini CaranyaMenko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 3 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah melibatkan berbagai kementerian/lembaga hingga pemerintah daerah untuk membantu kamu mendapatkan pelatihan.

Nantinya dinas terkait akan meminjamkan kamu komputer untuk mengakses pelatihan kartu prakerja.

"Bagi mereka yang tidak punya smartphone bisa datang ke dinas dan akan disiapkan desktop dan bisa akses dari desktop," kata Airlangga dalam Live Instagram bersama IDN Times, Kamis (16/4).

2. Bisa akses dari 8 platform yang tersedia

Tanpa Smartphone Tetap Bisa Ikut Pelatihan Kartu Prakerja? Ini Caranyaruangguru.png

Pemerintah menggandeng tujuh usaha rintisan atau startup dan platform digital resmi dalam Program Kartu Prakerja. Ada Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, dan Sekolahmu.

Selain tujuh startup tersebut mitra Kartu Prakerja lainnya adalah Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker) milik Kementerian Tenaga Kerja. Delapan mitra ini ditunjuk untuk berbagai program pelatihan online untuk program Kartu Prakerja yang menjadi salah satu insentif dalam kebijakan stimulus bagi dampak virus corona (COVID-19) di Tanah Air.

Di 8 platform itu ada 198 lembaga dan total 2.055 pelatihan yang bisa kamu ikuti.

3. Sebanyak 200 orang ikut gelombang pertama kartu prakerja

Tanpa Smartphone Tetap Bisa Ikut Pelatihan Kartu Prakerja? Ini Caranya(ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Pemerintah menetapkan 2.078.026 pekerja lolos kartu prakerja. Nantinya pemerintah akan mengakomodir 200 ribu orang gelombang pertama untuk mulai mendapat pelatihan. Sementara 1,8 juta lainnya yang lolos secara bertahap akan mendapat gilirannya.

Airlangga mengatakan, secara bertahap pemerintah akan mengirimkan notifikasi ke 200 orang pertama itu untuk bisa mulai mengikuti pelatihan melalui SMS yang akan dikirimkan mulai Sabtu (18/4) hingga Senin (20/4) paling lambat pukul 10.00 WIB.

"Di antara waktu itu secara bergelombang diinfokan lewat SMS, sudah mulai bisa memilih pelatihan," kata Airlangga.

Baca Juga: Airlangga Jawab Tudingan Soal Pemilihan Provider Kartu Prakerja

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya