Comscore Tracker

Wabah Corona Belum Reda, Bali Siap Buka Kembali Pariwisata

Pembukaan pariwisata akan dilakukan secara bertahap

Jakarta, IDN Times - Sebagai daerah dengan banyak destinasi liburan menarik, Bali siap kembali membuka pariwisatanya di tengah wabah virus corona yang masih menerpa Indonesia. Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati optimistis daerahnya semakin mampu mengendalikan virus yang dikenal dengan nama COVID-19 ini.

"Fase landai sudah mulai terjadi. Mudah-mudahan mulai ada penurunan di Bali," kata pria yang akrab disapa Cok Ace dalam webinar Reopening Ekonomi Indonesia yang digelar Masyarakat Sadar Wisata (Masata), Kamis (14/5).

1. Tren wisata new normal

Wabah Corona Belum Reda, Bali Siap Buka Kembali PariwisataIDN Times/Ayu Afria

Dalam pemaparannya, Cok Ace mengatakan tren wisata ke depan akan menerapkan prinsip new normal tourism. Misal dari segi kebersihan, kesehatan dan keamanan yang lebih dari sebelumnya.

"Ini jadi tuntutan dasar yang harus dipenuhi destinasi termasuk Bali," katanya.

Baca Juga: Dianggap Mampu Tekan COVID-19 Tanpa PSBB, Bali Dirancang Jadi Contoh

2. Langkah dan strategi Bali

Wabah Corona Belum Reda, Bali Siap Buka Kembali PariwisataPantai Atuh, Bali. IDN Times/Ayu Afria

Dalam menghadapi new normal tourism ini, Bali akan membentuk protokol kesehatan pasca-COVID-19 mengacu pada tiga tuntutan yakni kebersihan, kesehatan dan keamanan. "Ini baru konsep dan akan dibahas lagi," ujar Cok Ace.

Bali disebutnya akan membuka pariwisata secara bertahap atau dengan sistem klaster atau per kawasan.

"Ini yang sedang kami pikirkan. Kami tidak berharap ada second wave dan seterusnya yang justru menimbulkan masalah baru lagi," katanya.

3. Dukungan Kemenko Maritim dan Investasi

Wabah Corona Belum Reda, Bali Siap Buka Kembali PariwisataMenhub Budi Karya dan Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.)

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi Ridwan Djamaluddin mendukung rencana Bali membuka pariwisata mereka kembali. Berdasarkan data yang dimilikinya, Bali termasuk daerah kategori I atau yang termasuk siap untuk membuka kembali wilayahnya untuk kegiatan ekonomi.

"Bali kasus sembuhnya banyak dibanding kasus keseluruhan. Ini kenapa kalau kita mau memulai ya dengan Bali. Ini data dinamis dan sifatnya daerah. Yang kita pesankan adalah langkah hati-hati," kata Ridwan.

Baca Juga: Strategi Belitung untuk Hidupkan Kembali Pariwisata yang Mati Suri

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya