Comscore Tracker

Pelancong Tiongkok dan Prancis Jadi Langganan Wisata Labuan Bajo

Semakin hari eksistensi Labuan Bajo semakin meningkat

Labuan Bajo, IDN Times - Salah satu destinasi wisata kenamaan di Nusa Tenggara Timur (NTT), Labuan Baju, menjadi titik pariwisata yang ramai dipromosikan pemerintah. Daya tarik yang ditawarkan untuk para penikmat alam sulit ditolak. Bahkan wisatawan mancanegara juga banyak yang tertarik.

Kepala Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina Sukarsono mengatakan, turis asal Tiongkok dan Prancis menjadi yang terbanyak mengunjungi Labuan Bajo. 

"Turis Prancis yang ke Labuan Bajo melalui Bandara Komodo mencapai 9.341 wisatawan dan Tiongkok mencapai 8.393 wisatawan," ujarnya di Labuan Bajo, NTT, Jumat (15/11). 

1. Tren kenaikan wisatawan dalam negeri

Pelancong Tiongkok dan Prancis Jadi Langganan Wisata Labuan BajoPulau Padar. IDN Times/Hana Adi Perdana

Shana mengungkapkan, sepanjang tahun 2015-2018, tren wisatawan dari dalam negeri naik hingga 400 persen. Menurut Shana, kenaikan tersebut lantaran didorong oleh pembangunan yang dilakukan pemerintah di wilayah tersebut. 

"Karena pemerintah tidak hanya bangun destinasi tapi juga meningkatkan promosinya," kata Shana.

Baca Juga: Pemerintah Kucurkan Dana Besar ke Labuan Bajo, untuk Apa Saja?

2. Jumlah kunjungan

Pelancong Tiongkok dan Prancis Jadi Langganan Wisata Labuan BajoWisatawan di Pulau Padar. IDN Times/Hana Adi Perdana

Berdasarkan catatan BPOLBF, kunjungan wisatawan asal Prancis mencapai 12.134 orang dan 9.341 orang masing-masing di 2018 dan 2019. Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan asal Tiongkok hingga September 2019 sebesar 8.393 orang atau kedua tertinggi setelah turis asal Prancis.

3. Data kunjungan wisman

Pelancong Tiongkok dan Prancis Jadi Langganan Wisata Labuan BajoFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Wayan Antara)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisman pada September 2019 adalah sebesar 1,40 juta kunjungan, turun 10,10 persen (mom) dari Agustus 2019 yang mencapai 1,56 juta kunjungan.

Secara kumulatif dari periode Januari 2019 - September 2019, kunjungan wisman naik 2,63 persen menjadi 12,27 juta kunjungan. Sementara dari periode yang sama pada tahun lalu hanya mencatat 11,96 juta kunjungan.

Baca Juga: Pengelola Bidik Leonardo Dicaprio Jadi Duta Pariwisata Labuan Bajo

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You