Polisi Bakal Tes Swab Rizieq Shihab jika Hadir dalam Pemeriksaan

Demi keamanan semua pihak

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya memastikan akan melakukan swab test atau tes usap kepada pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, apabila hadir memenuhi panggilan penyidik kepolisian untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan pada Sabtu (14/11). Kepolisian menegaskan tes usap ini berlaku ke semua pihak yang diperiksa.

"Ini diperiksa di Polda Metro Jaya, satuan kerja kita lengkap, tiap pemeriksaan kita lakukan, akan kita terapkan protokol kesehatan. Siapa pun yang kita lakukan pemeriksaan, protokol kesehatan kita jalankan, plus kita harus tes usap di sini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus seperti dikutip dari Antara, Selasa (1/12/2020).

1. Tes usap dilakukan demi kepentingan bersama

Polisi Bakal Tes Swab Rizieq Shihab jika Hadir dalam PemeriksaanIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Fauzan)

Yusri menegaskan penerapan protokol kesehatan merupakan kewajiban yang harus dilakukan di masa pandemik COVID-19. Hal ini tentu demi melindungi pihak yang diperiksa maupun pihak kepolisian. 

"Untuk bisa memastikan jangan sampai yang diperiksa positif, penyidiknya kena," tegas dia.

Baca Juga: Rizieq Shihab Diminta Jujur soal Hasil Tes Swab demi Orang Banyak

2. Rizieq rencananya akan diperiksa hari ini, Selasa (1/12/2020)

Polisi Bakal Tes Swab Rizieq Shihab jika Hadir dalam PemeriksaanPimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Hari ini, Selasa 1 Desember 2020, pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diminta untuk memenuhi panggilan kepolisian. Hal tersebut berkaitan dengan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 pada acara yang digelarnya beberapa waktu lalu.

Surat panggilan untuk Rizieq diserahkan secara langsung oleh penyidik Polda Metro Jaya ke kediaman Rizieq di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu 29 November 2020.

"Mengantar surat pemanggilan MRS untuk hadir hari Selasa (1 Desember 2020)," ucap Yunus.

3. Rizieq diminta penuhi panggilan sebagai saksi pukul 10.00 WIB

Polisi Bakal Tes Swab Rizieq Shihab jika Hadir dalam PemeriksaanPimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Berdasarkan data yang dihimpun IDN Times, penyidik Subdit Kamneg meminta Rizieq untuk datang pukul 10.00 WIB pagi. Dalam undangan itu disebutkan, Rizieq dipanggil sebagai saksi terkait dugaan peristiwa tindak pidana. Dia diduga melanggar protokol kesehatan COVID-19 karena menyebabkan kerumunan.

Baca Juga: Polisi Minta Rizieq Shihab Datang ke Polda Metro Pukul 10.00 Pagi Ini 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya