DPD RI Dukung Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Apakah Jokowi nanti akan umumkan nama kotanya?

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Oesman Sapta Odang atau akrab disapa OSO mendukung keinginan pemerintah untuk merealisasikan pemindahan ibu kota ke wilayah Kalimantan. Meski sampai saat ini, belum disebutkan detail kota mana yang bakal menggantikan Jakarta.

"Kami mendukung rencana Pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan," ujarnya dalam Pidato Kenegaraan di Komplek DPR, Jakarta, Jumat (16/8).

OSO mengingatkan agar pemerintah membentuk regulasi khusus terkait dengan pembangunan daerah kepulauan. Menurut dia, cara itu menjadi salah satu solusi dalam menghilangkan kesenjangan antar wilayah.

"Terkait hal itu semua, DPD RI sebagai representasi daerah akan konsisten dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah yang ada di seluruh wilayah Indonesia," tuturnya.

Dengan fungsi pengawasan yang ada, kata OSO, pihaknya menegaskan bakal terus melakukan pemantauan dan evaluasi atas RAPERDA dan PERDA. Pihaknya ingin memastikan agar semua daerah tetap dalam satu kesatuan.

"Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD," katanya.

Baca Juga: [LINIMASA] Sidang Tahunan MPR 2019, Jokowi Beri Kejutan Apa?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya