Dorong Koperasi dan UMKM Naik Kelas, Ini 5 Jurus Menteri Teten Masduki

Semoga berhasil, Pak!

Jakarta, IDN Times - Situasi perekonomian dunia tengah mengalami perlambatan. Seluruh sektor ekonomi pun ikut terdampak. Meski begitu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berkomitmen membawa koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas.

"Situasi ekonomi dunia memang tidak mudah dan memang harapan dari semua itu bagaimana UMKM bisa tumbuh, menyerap lapangan kerja," ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM), Selasa (5/11).

Untuk itu, Teten telah menyiapkan lima langkah strategis untuk mendorong koperasi dan UMKM agar naik kelas.

1. Memperluas akses pasar

Dorong Koperasi dan UMKM Naik Kelas, Ini 5 Jurus Menteri Teten MasdukiIDN Times/Dhana Kencana

Mantan Koordinator Staf Khusus Presiden itu ingin memperbesar akses pasar dari koperasi dan UMKM baik di dalam negeri maupun luar negeri. Melalui cara tersebut, dia optimistis permintaan terhadap produk-produk koperasi dan UMM bakal meningkat.

"Salah satu cara adalah dengan mendukung dan membantu penjualan secara online, dengan membuat regulasi agar perusahaan aplikasi dari luar negeri mempromosikan dan menjual produk koperasi dan UMKM dalam negeri," ujar Teten.

Baca Juga: [FOTO] 9 Keseruan Pameran UMKM Gayeng 2019. Ada Banyak Games Seru Lho

2. Peningkatan kualitas produksi dan inovasi

Dorong Koperasi dan UMKM Naik Kelas, Ini 5 Jurus Menteri Teten MasdukiIDN Times/Dhana Kencana

Teten optimistis langkah tersebut bisa meningkatkan daya saing produk dan jasa yang dihasilkan oleh koperasi dan UMKM. Nantinya, Kemenkop UKM bakal memberi dukungan lewat penyediaan teknologi dan sarana pendukung lainnya.

"Ini tentu untuk memperbaiki kualitas dan kapasitas produksi yang bisa digunakan secara kolektif," tuturnya.

3. Agregasi pembiayaan

Dorong Koperasi dan UMKM Naik Kelas, Ini 5 Jurus Menteri Teten MasdukiPexels.com/Negative Space

Strategi agregasi pembiayaan dinilai bisa menjadi solusi untuk pertumbuhan koperasi dan UMKM. Menurut Teten, pembiayaan maupun permodalan bagi koperasi dan UMKM tidak mudah. Hal itu dianggap menghambat pertumbuhan dan perkembangan mereka.

"Kita memikirkan bagaimana agregasi pertumbuhan agar bisa cepat pertumbuhan UMKM," tegasnya.

4. Pengembangan kapasitas manajemen dan usaha

Dorong Koperasi dan UMKM Naik Kelas, Ini 5 Jurus Menteri Teten MasdukiIDN Times/Hana Adi Perdana

Langkah keempat ini dapat diwujudkan melalui pemberian konsultasi, pelatihan dan pendampingan dari para ahli. Dengan cara ini, dia optimistis koperasi dan UMKM bakal semakin teredukasi dalam mengembangkan bisnisnya.

"Intinya kami akan melakukan empowering," ucapnya.

5. Kemudahan berusaha

Dorong Koperasi dan UMKM Naik Kelas, Ini 5 Jurus Menteri Teten MasdukiIDN Times/Dhana Kencana

Terakhir, Teten menegaskan ingin memangkas peraturan dan perizinan yang menghambat UMKM. Nantinya, upaya itu bisa diwujudkan lewat omnibus law. Saat ini, kebijakan tersebut masih terus dilakukan pembahasan dengan kementerian-kementerian terkait.

"Kita juga ingin ada perlindungan hukum untuk produk UMKM, termasuk hak cipta, perlindungan hukum dari fraud. Kemudian juga dapat perlakuan yang sama di marketplace. Selama ini di mal kan brand international dapat prioritas, kalau lokal selalu di taruh di pojok," kata Teten.

Baca Juga: Lika Liku Hidup Teten Masduki hingga Jadi Menteri Koperasi Jokowi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya