Daftar Kartu Prakerja Bisa Offline, Begini Caranya

Jangan lupa siapkan berkas-berkasnya ya

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui PMO Kartu Prakerja akhirnya memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin mengikuti program Kartu Prakerja untuk mendaftar secara offline alias tatap muka. Ketentuan itu akan diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) 11 Tahun 2020.

"Mekanisme penyaluran pendaftaran Kartu Prakerja, calon peserta wajib mendaftarkan diri, bisa dengan daring, luring (tatap muka). Nah luring bisa (mendaftar) melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau Pemda di Dinas Ketenagakerjaan," kata Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin dalam video conference, Jumat (7/8/2020).

1. Mekanisme pendaftaran mirip secara online, bedanya hanya dilakukan secara tatap muka

Daftar Kartu Prakerja Bisa Offline, Begini Caranya(Ilustrasi tampilan aplikasi kartu prakerja) ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Rudy menjelaskan, mekanisme pendaftaran secara tatap muka sebenarnya sama saja dengan pendaftaran online. Bedanya, pemohon wajib datang ke Kementerian Ketenagakerjaan atau Dinas Ketenagakerjaan setempat.

"Lalu mengisi formulir yang mana isian formulir manual tapi isinya sama dengan yang ada pendaftaran daring. Dari permohonan tersebut akan secara kolektif dikumpulkan K/L," jelas Rudy.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka 8 Agustus untuk 800 Ribu Peserta

2. Keputusan akhir tetap ada di PMO

Daftar Kartu Prakerja Bisa Offline, Begini Caranya(ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Selanjutnya, Kementerian/Lembaga terkait akan mengirimkan data dari para pemohon kepada PMO Kartu Prakerja. Pengiriman itu dilakukan setelah disahkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah.

"Sehingga PMO mengukuhkan penetapan calon peserta dari Kartu Prakerja tersebut," imbuh dia.

3. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang IV dibuka 8 Agustus 2020

Daftar Kartu Prakerja Bisa Offline, Begini CaranyaIlustrasi Kartu Pra Kerja (IDN Times/Arief Rahmat)

Diberitakan sebelumnya, pemerintah memastikan pendaftaran Kartu Prakerja gelomban IV akan dibuka pada Sabtu (8/8/2020). Pengumuman ini sekaligus menjadi kelanjutan dari program Kartu Prakerja yang sempat terhenti pada Mei 2020 lalu.

"Besok Sabtu jam 12 siang (dibuka pendaftarannya) dan alokasi dana pelaithan serta insentif masih sama Rp3,55 juta," kata Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono.

Untuk gelombang IV, lanjut Susi, akan dibuka sebanyak 800 ribu peserta. Jumlah ini meningkat hampir tiga kali lipat dari gelombang-gelombang sebelumnya yang hanya 300 ribu peserta.

"Jadi kuota sudah ditetapkan 800 ribu per batch. Ke depannya (kuota pendaftaran) tetap 800 ribu kecuali nanti ada keputusan lain di komite Kartu Prakerja," ujarnya.

Baca Juga: Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja di Situs Prakerja.go.id

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya