Comscore Tracker

Salip Jumlah Kekayaan Jack Ma di Tiongkok, Siapa Colin Huang?

Kekayaan Huang kalah dari CEO Tencent Holdings Ma Huateng

Jakarta, IDN Times - Omong-omong tentang orang kaya di Tiongkok, nama Jack Ma sang pendiri Alibaba Group memang paling dikenal luas. Namun, tak banyak orang tahu bahwa posisi Jack Ma sebagai orang terkaya di Tiongkok baru saja disusul seseorang bernama Colin Huang, pemilik e-commerce Pinduoduo.

Kekayaan Huang tercatat sebesar US$45,4 miliar atau setara Rp635,6 triliun (kurs Rp14 ribu) mampu membawanya menjadi orang nomor dua terkaya di Tiongkok. Pria 40 tahun itu hanya kalah dari CEO Tencent Holdings Ma Huateng, yang kekayaannya ditaksir sekitar US$51,5 miliar. Sementara itu, kekayaan Jack Ma hanya beda sedikit dengan Colin Huang, yakni sekitar US$43,9 miliar.

1. Huang pernah berkarier di Google

Salip Jumlah Kekayaan Jack Ma di Tiongkok, Siapa Colin Huang?Ilustrasi Google. unsplash.com/Pawel Czerwinski

Huang merupakan lulusan ilmu komputer yang menyandang gelar master dari University of Wisconsin di Madison. Ia mengawali kariernya pada 2004 di kantor Google Amerika Serikat (AS). Huang kemudian pindah ke negeri asalnya, Tiongkok sebagai bagian dari tim yang mendirikan Google Tiongkok.

Sebelum sukses dengan bisnisnya Pinduoduo, Huang sempat mendirikan perusahaan game online Xinyoudi dan platform e-commerce online Ouku.com, sebuah perusahaan yang mengoperasikan platform online untuk elektronik konsumen dan peralatan rumah tangga.

Namun demikian, tinta emas yang diraih Huang saat ini bukannya tanpa jalan terjal. Bisnis Pinduoduo sempat dikritik atas dugaan penjualan produk palsu pada Juli 2018.

Seiring berjalannya waktu, Huang bersama Pinduodonya berhasil membuktikan diri. aham perusahaan yang dipimpin pria kelahiran 1980 ini mencatat kenaikan 6 persen ke level tertinggi sepanjang masa yakni US$87,58 di perdagangan Nasdaq pada hari Jumat (19/6). Kenaikan itu membuat pundi-pundinya meningkat.

Baca Juga: Mengenal Jeff Bezos, 3 Kali di Puncak Daftar Orang Terkaya Dunia

2. Tentang Pinduoduo, e-commerce milik Colin Huang

Salip Jumlah Kekayaan Jack Ma di Tiongkok, Siapa Colin Huang?Pinduoduo (Website/en.pinduoduo.com)

Pinduoduo didirikan pada 2015, dalam usianya yang masih muda itu, Pinduoduo mampu menjadi salah satu bisnis ritel online terbesar di Negeri Tirai Bambu dengan kapitalisasi pasar sebesar US$104 miliar.

Selain Huang, sejumlah investor ikut menikmati kenaikan saham yang dialami oleh Pinduoduo, seperti Tencent, Sequoia China dan Gaorong Capital (secara resmi dikenal sebagai Banyan Capital); anggota dewan termasuk mitra pendiri Sequoia China Neil Shen. Performa saham Pinduoduo juga membantu co-founder Gaorong, Zhang Zhen dan Gao Xiang untuk membuat Daftar Midas tahun ini.

3. Bos Amazon masih berada di daftar puncak orang terkaya dunia

Salip Jumlah Kekayaan Jack Ma di Tiongkok, Siapa Colin Huang?vox.com

Berdasarkan data real time billionair Forbes, pendiri Amazon, Jeff Bezos masih berada di daftar teratas dengan kekayaan mencapai US$160,4 miliar. Di posisi kedua ada pendiri Microsofot, Bill Gates yang memiliki kekayaan sebesar US$108,7 miliar.

Di posisi ketiga ada Bernard Arnault, CEO produsen barang fesyen mewah, Louis Vuitton Moet Hennessy dengan kekayaan sebesar US$105,7 miliar. Sementara itu bos Facebook Mark Zuckerberg membuntuti tiga konglomerat tersebut di peringkat keempat dengan kekayaan mencapai US$81,3 miliar.

Baca Juga: Hebat! Pemuda Ini Depak Jack Ma dari Daftar Orang Terkaya di Tiongkok

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya