Prabowo dan Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berkuda Hari Ini

Patung Bung Karno berkuda bakal berdiri di Kemenhan

Jakarta, IDN Times - Presiden kelima Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bakal meresmikan patung Presiden Sukarno di Kementerian Pertahanan pada Minggu (6/6/2021).

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa hal ini merupakan janji Prabowo ketika berada di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah pada Februari 2020. Dia menyebut momen ini memiliki makna spesial karena bertepatan dengan hari lahir Bung Karno.

"Saat di Akademi Militer Magelang, Februari 2020 lalu, Pak Prabowo berjanji akan membangun patung Bung Karno naik kuda. Kita menyambut patung ini akhirnya terealisasi berdiri. Apalagi peresmian patung ini bersamaan dengan momentum Bulan Bung Karno," kata Hasto dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Kilas Balik Kemesraan Megawati-Prabowo pada Pilpres 2009

1. PDI Perjuangan apresiasi Prabowo

Prabowo dan Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berkuda Hari IniMegawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto (Dok.IDN Times/Istimewa)

PDIP mengapresiasi Prabowo selaku Menteri Pertahanan terkait penempatan patung Bung Karno tersebut. PDIP menyatakan Bung Karno tidak hanya milik bangsa Indonesia, tetapi juga telah mengukir sejarah bagi dunia.

Selain itu, penempatan patung di Kemenhan juga sebagai bentuk mengenang jasa-jasa Sukarno sebagai presiden, sekaligus bapak bangsa dan perhatiannya pada bidang pertahanan sehingga saat itu menjadi salah satu yang terkuat di Asia.

“Atas dasar hal tersebut, kami memberikan apresiasi kepada Pak Prabowo yang telah menempatkan kesejarahan Bung Karno dengan TNI," papar Hasto. 

2. Peresmian dimulai pukul 10.00 WIB

Prabowo dan Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berkuda Hari IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasto menjelaskan berdasarkan susunan acara yang diterima dari panitia, susunan acara peresmian patung Presiden Soekarno yang akan dimulai sejak pukul 10.00 WIB ini diawali Menhan Prabowo menyambut kedatangan Megawati dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dilanjutkan pembacaan teks Pancasila. 

"Setelah itu, pidato Menteri Pertahanan, Pak Prabowo dan dilanjutkan sambutan Ibu Megawati Soekarnoputri mewakili keluarga Presiden Soekarno," jelas Hasto. 

Usai itu, disambung dengan prosesi peresmian patung Bung Karno dengan penandatanganan prasasti oleh Megawati dan penekanan tombol peresmian patung Bung Karno

Baca Juga: Napak Tilas Bung Karno, Risma Kunjungi Penjara Banceuy dan Gedung GIM

3. Patung Bung Karno diharapkan menginspirasi penerus bangsa

Prabowo dan Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berkuda Hari IniRepro Buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat

Pada pertengahan Mei lalu, dalam kapasitas sebagai Presiden kelima RI Megawati juga didaulat untuk meresmikan patung Bung Karno di depan Kantor Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI).

Hasto mengatakan, Megawati selalu berpesan ketika melihat patung Bung Karno diharapkan bakal ingat pada ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan pengabdian beliau kepada bangsa Indonesia. 

"Serta menginspirasi kita sebagai generasi penerus untuk terus berjuang demi Indonesia Raya," ujarnya.

Baca Juga: Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berukuran 4 Meter di Lemhanas

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya