Patung Sukarno Berdiri di Kantor Prabowo, Mega: Terima Kasih Sahabat

Prabowo dan Megawati kompak resmikan patung Bung Karno

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan patung Presiden Pertama RI Sukarno berkuda di kompleks kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Minggu (6/6/2021). Peresmian ini bertepatan dengan hari lahir Sukarno yang ke-120 tahun.

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, yang merupakan putri Bung Karno sekaligus mewakili keluarga besarnya, mengapresiasi dan memberi hormat kepada Prabowo karena mendirikan patung tersebut di depan halaman Kementerian Pertahanan.

"Atas nama pribadi dan keluarga besar Bung Karno saya mengucapkan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada Bapak Prabowo Menteri Pertahanan RI dan sekaligus sahabat saya atas peresmian patung Bung Karno ini," ujar Mega dalam acara yang disiarkan langsung melalui YouTube itu.

1. Megawati sebut banyak pencapaian Bung Karno semasa hidup

Patung Sukarno Berdiri di Kantor Prabowo, Mega: Terima Kasih SahabatMegawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto (Dok.IDN Times/Istimewa)

Menurut Mega, momentum ini tak hanya mengingatkan kepada seluruh perjuangan Putra Sang Fajar tersebut, tapi juga seluruh perjuangan dan cita-citanya bagi NKRI. Ia mengatakan banyak capaian dari ayahnya, seperti peran kunci Bung Karno pada Konferensi Asia-Afrika tahun 1955, yang kini diakui PBB sebagai sebuah heritage of the world

"Sehingga sebagai bangsa Indonesia, sebenarnya kita seharusnya bangga bahwa sebuah konferensi yang mungkin tidak akan ada lagi mengenai Asia-Afrika itu menjadi milik dunia," kata Mega. 

Belum lagi ada Gerakan Non-Blok, Conference of the New Emerging Forces, hingga Konferensi Antipangkalan Militer Asing. Pada waktu itu, sebenarnya sedang direncanakan juga konferensi tri kontinental tiga benua. 

"Peresmian patung Bung Karno tersebut menjadikan seluruh api sejarah perjuangan bangsa bergelora kembali dan bagi kita, menjadikan sebuah api semangat yang tak kunjung padam, sebagai energi perjuangan untuk membawa bangsa ini semakin berdaulat semakin maju dalam seluruh aspek kehidupan, namun tetap kokoh pada karakter dan budaya bangsa," kata Mega. 

Baca Juga: Prabowo dan Megawati Resmikan Patung Bung Karno Berkuda Hari Ini

2. Patung Bung Karno berkuda terinsipirasi peristiwa 5 Oktober 1946

Patung Sukarno Berdiri di Kantor Prabowo, Mega: Terima Kasih SahabatMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto (ANTARA FOTO)

Sementara itu, Prabowo menjelaskan patung Bung Karno menunggang kuda terinspirasi dari kejadian di 5 Oktober 1946. Saat itu, sebagai panglima tertinggi angkatan perang, Bung Karno menjadi inspektur upacara.

Para pemimpin tentara saat itu meminta Bung Karno melakukan inspeksi pasukan dengan naik kuda. Bung Karno membutuhkan waktu tiga hari untuk menjadi mahir naik kuda. 

"Marilah bersama berjuang agar nilai-nilai beliau tetap akan bertahan dan dipertahankan seluruh generasi penerus di hari dan tahun yang akan datang. Semoga cita-cita beliau terwujud, Indonesia berdiri di atas kaki sendiri, dihormati seluruh bangsa di dunia, dan rakyat Indonesia meraih kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan," kata Prabowo. 

3. Patung Sukarno berdiri di halaman Kementerian Pertahanan

Patung Sukarno Berdiri di Kantor Prabowo, Mega: Terima Kasih SahabatMegawati Soekarnoputri bersama dengan Prananda Prabowo dan istrinya di depan Patung Bung Karno di Kementerian Pertahanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Patung Sukarno di atas kuda itu terletak di halaman depan kompleks kantor Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Mega hadir bersama anggota keluarganya, yakni putranya Prananda Prabowo dan istrinya Nancy Prananda. Hadir juga Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. 

Sementara jajaran Kementerian Pertahanan dipimpin langsung Menhan Prabowo. Selain itu, sejumlah pejabat negara juga ikut hadir, di antaranya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono, KSAD Jenderal Andika Perkasa, Kepala BIN Budi Gunawan, serta para wakil kepala staf angkatan. 

Baca Juga: Prabowo: Generasi Muda Harus Tahu dan Sadar dari Mana Kita Berasal

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya