Comscore Tracker

Ikut Forum Internasional, Jokowi Jelaskan Rencana Ibu Kota Baru

Presiden mengundang negara lain untuk berinvestasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berencana terbang menuju Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, untuk ikut serta dalam gelaran Expo 2020 Dubai. Mantan Wali Kota Solo ini akan menjadi pembicara kunci dalam topik pembangunan berkelanjutan.

"Pak Presiden diundang oleh raja untuk menjadi keynote speaker dalam Abu Dhabi Sustainable Week," ujarnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (12/1).

1. Jokowi bicarakan rencana ibu kota baru dalam forum internasional

Ikut Forum Internasional, Jokowi Jelaskan Rencana Ibu Kota BaruMiniatur desain ibu kota negara baru yang berhasil terpilih. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Pratikno mengungkapkan, forum ini sangat penting bagi Indonesia dan dunia. Di dalam forum internasional tersebut Jokowi rencananya juga akan menyampaikan rencana ibu kota baru.

"Pak Presiden juga ingin mengajak dunia internasional untuk menjadi ibu kota baru menjadi showcase menjadi contoh sustainable city dengan segala aspeknya seperti yang beliau sering sampaikan bahwa nanti ada zero emission, compact city tapi juga inovasi dan kreativitas, serta penggerak ekonomi," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Ajak Jepang Investasi di Natuna

2. Jokowi akan ajak negara-negara asing berinvestasi

Ikut Forum Internasional, Jokowi Jelaskan Rencana Ibu Kota BaruKunjungan Presiden Jokowi di Kecamatan Sepaku, PPU, ibu kota negara baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Sebagai pembicara, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan mengajak negara-negara lain untuk berinvestasi di ibu kota baru dalam forum tersebut. Pratikno berpendapat bahwa Indonesia harus menjadi motor baru dalam pembangunan.

"Itu salah satu yang nanti disampaikan presiden di dalam Sustainability Development Week Day Abu Dhabi ini," ujarnya.

3. Jokowi juga bertemu Putra Mahkota dan SoftBank

Ikut Forum Internasional, Jokowi Jelaskan Rencana Ibu Kota Baru(Presiden Jokowi dengan Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Syekh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ)) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski baru dijadwalkan sebagai pembicara pada Senin (13/1), Jokowi telah terbang sejak Minggu pagi. Sebab, menurut Pratikno rencananya ia akan bertemu dengan Putra Mahkota UEA Mohammed bin Zayed serta perwakilan mitra Softbank pada hari pertama.

"Besoknya jadi keynote speaker terus langsung pulang, hanya semalam di Abu Dhabi," katanya.

Baca Juga: [WANSUS] Cerita Andi Taufan Sebulan Jadi Stafsus Jokowi, Siap 24 Jam

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya