Jalur Sepeda Anies Baswedan Dinilai Gagal, Buang Anggaran Rp62 Miliar!

"Itu jalur sepeda belum cocok diterapkan di DKI."

Jakarta, IDN Times - Jalur sepeda sepanjang 63 kilometer di Jakarta yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dinilai gagal dan membuat anggaran sebesar Rp62 miliar untuk membuatnya menjadi sia-sia.

Hal tersebut diutarakan anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak, dalam rapat Komisi B dengan Dinas Perhubungan pada Senin (3/2).

1. Pengadaan jalur sepeda dinilai membebani Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta

Jalur Sepeda Anies Baswedan Dinilai Gagal, Buang Anggaran Rp62 Miliar!Jalur sepeda dijajah pemotor akibat jalan depan Balai Kota Jakarta jadi parkiran Reuni 212, Aryodamar/IDN Times

Gilbert mengatakan bahwa pengadaan jalur sepeda di Jakarta saat ini malah justru membebani Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

Sebab, Dinas Perhubungan jadi harus fokus mengawasi anggaran puluhan miliar sedangkan masyarakat tak menikmati jalurnya.

"Dari segi kemaslahatan itu sangat buruk. Itu sebabnya Bappeda hadir sebenarnya untuk melalukan evaluasi. Dalam beberapa bulan ini kita sudah bisa membaca bahwa penganggaran tidak baik," ujarnya.

Baca Juga: Menerobos Jalur Sepeda, Puluhan Pengendara Ditilang

2. Dinas Perhubungan disarankan mengurusi transportasi

Jalur Sepeda Anies Baswedan Dinilai Gagal, Buang Anggaran Rp62 Miliar!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dinas Perhubungan dianjurkan lebih fokus mengurusi transportasi seperti mengintegrasikan moda transportasi dari seluruh penjuru mata angin. Menurut Gilbert itu lebih baik ketimbang mengurus jalur sepeda yang sifatnya sekunder.

"Moda transportasi yang belum terintegrasi dari timur, utara, barat, selatan itu harusnya menjadi fokus. Begitu masyarakat berangkat dari Ciputat menuju Ancol, harusnya itu one way ticket. Artinya jadi dia naik sekali terus dan kemudian Jak Lingko dihidupkan," jelasnya.

3. Jalur sepeda dinilai tak cocok di Jakarta

Jalur Sepeda Anies Baswedan Dinilai Gagal, Buang Anggaran Rp62 Miliar!Pelanggar di jalur sepeda (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Gilbert mengatakan hampir tidak ada orang yang menggunakan jalur sepeda sehingga anggaran pengadaannya sia-sia. Selain itu, pengawasan dan penindakan hukum bagi pelanggar jalur sepeda dinilai sudah loyo.

"Itu jalur sepeda belum cocok diterapkan di DKI. Belum saatnya," ujarnya.

Baca Juga: Jalan Dipakai Parkir Reuni 212, Pemotor Jajah Jalur Sepeda 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya