Comscore Tracker

Ini Penyebab Gedung Empat Lantai di Jakarta Bisa Ambruk

Ada genangan air di lantai atas gedung yang sudah lapuk itu

Jakarta, IDN Times - Gedung empat lantai di kawasan Slipi, Jakarta Barat, tiba-tiba ambruk sekitar pukul 09.20WIB, Senin(6/1). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, sejumlah orang dikabarkan terluka dan sempat terjebak di lantai dua di bangunan itu.

Rescuer dari Kantor SAR Jakarta, Rifan Gusrianto mengungkapkan alasan kenapa gedung di Kawasan Slipi, Jakarta Barat, itu bisa ambruk secara tiba-tiba. Menurut dia, peristiwa tersebut terjadi karena bangunan sudah lapuk. Selain itu, ambruknya gedung diperparah dengan kondisi cuaca yang belakangan ini sedang sering hujan.

"Gedung ini sendiri tidak aman, karena di ruko bagian atas itu terdapat genangan air, jadi untuk air sendiri tidak ada akses untuk turun. Jadi, air tersumbat," jelasnya.

Menurutnya, pada lantai tiga dan empat gedung tersebut telah terjadi penyerapan air berlebihan dan terjadi perembesan di plafon-plafonnya.

"Di lantai 3 dan 4 itu terdapat genangan karena tidak adanya akses pembuangan air di bagian atas gedung," jelasnya.

Delapan orang berhasil dievakuasi dari dalam gedung usai kejadian. Tiga orang korban luka yang tengah berada di luar gedung saat kejadian telah dilarikan ke Rumah Sakit Tarakan, Jakarta Pusat.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya