Begini Saran Sandiaga pada Prabowo Sebelum Bertemu Jokowi

Sandiaga tak dilibatkan pertemuan Prabowo-Jokowi

Jakarta, IDN Times - Meski tak dilibatkan, mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno mengungkapkan dirinya sempat memberikan saran pada mantan calon presiden Prabowo Subianto, sebelum bertemu Presiden RI terpilih Joko "Jokowi" Widodo.

Sandiaga menyarankan agar partai politik pengusung Prabowo dan dirinya yakni Partai Gerindra, Partai Amanan Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Berkarya tidak bergabung dengan koalisi Jokowi.

"Saya sampaikan ke Prabowo bahwa 'ada elite politik di luar pemerintah yang hadir untuk memberi masukan, input konstruktif, alangkah bermartabatnya kalau (partai-partai) menempatkan diri di luar pemerintahan memberi masukan konstruktif'," kata Sandiaga dalam program Indonesia Lawyers Club (ILC) yang disiarkan langsung TV One, Selasa (30/7).

Baca Juga: Gagal di Pilpres 2019, Sandiaga Uno Tak Ingin Kembali Jadi Wagub DKI

1. Keputusan akhir ada di Prabowo dan partai pengusung

Begini Saran Sandiaga pada Prabowo Sebelum Bertemu JokowiIDN Times/Irfan Fathurohman

Meski mengusulkan demikian, menurut Sandiaga, keputusan akhir berada di tangan Prabowo dan partai-partai pendukungnya. Namun, ia tetap bersikeras harus ada yang berada di luar pemerintahan.

"Kalau semua ada di pemerintahan, siapa yang mewakili harapan masyarakat?" tanya Sandi.

2. Sandiaga tak dilibatkan dalam pertemuan Jokowi-Prabowo

Begini Saran Sandiaga pada Prabowo Sebelum Bertemu JokowiIDN Times/Istimewa

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak dilibatkan dalam pertemuan Prabowo-Jokowi. Sebelum pertemuan itu, Sandiaga yang baru tiba dari luar negeri itu ditelepon Prabowo. Ketua Umum Partai Gerindra itu mengabarkan pada Sandiaga bahwa ia akan bertemu Jokowi dalam waktu dekat.

"Pak Prabowo telepon menyampaikan akan ada pertemuan tinggal menunggu waktu, tempatnya belum diketahui. Dia bicara pakai bahasa Inggris mengatakan, 'this is a meeting will not include you'," cerita Sandiaga.

3. Menurut Sandiaga kini saatnya beralih

Begini Saran Sandiaga pada Prabowo Sebelum Bertemu JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sandiaga mengatakan, usai pertemuan Prabowo-Jokowi banyak pendukung fanatiknya kecewa. Namun, mereka akhirnya mengerti setelah dijelaskan satu per satu.

"Pak Prabowo mengedepankan kepentingan bangsa negara, it's time to move on," ujar Sandiaga.

Baca Juga: PA 212 Akui Dukung Prabowo-Sandiaga dengan Sejumlah Syarat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya