Anak-anak dan Lansia Diminta Tidak ke Mal meski Sudah Masa Transisi

80 mal yang tergabung dalam APPBI sudah beroperasi lagi

Jakarta, IDN Times - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi meminta anak-anak serta orang lanjut usia (lansia) tidak pergi ke mal meski sudah dibuka pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini. Masyarakat yang terpaksa harus datang ke mal pun diminta untuk menaati protokol kesehatan seperti jaga jarak (physical distancing) dan memakai masker.

"Yang paling penting lagi di sini saya sarankan agar warga Jakarta untuk tidak membawa anak-anak dan lansia dulu. Ini juga saya tekankan kepada pengelola untuk mengklasifikasi pengunjung. Kalau ada jangan masuk. Sampaikan dengan humanis," ujarnya di Jakarta, Senin (15/6) malam.

1. Banyak fasilitas di mal yang belum buka

Anak-anak dan Lansia Diminta Tidak ke Mal meski Sudah Masa TransisiKetua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Kamis 13 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dia menilai, larangan anak-anak dan lansia ke mal di tengah pandemik adalah hal yang wajar. Sebab, angka kasus positif COVID-19 atau virus corona masih tinggi dan belum semua gerai di mal dibuka.

"Lagi pula fasilitas lainnya seperti bioskop dan arena permainan anak-anak belum boleh dibuka, karena itu harus ada ketegasan di sini demi kesehatan anak dan kita semua," ujarnya.

Baca Juga: Mau Jalan-jalan ke Mal? Jangan Lupa, Ini Aturannya!

2. DPRD sambut baik pembukaan mal di Jakarta

Anak-anak dan Lansia Diminta Tidak ke Mal meski Sudah Masa TransisiSuasana foodcourt yang ada di Mal era new normal (IDN Times/Athif Aiman)

Politikus PDI Perjuangan ini menyambut baik beroperasinya kembali mal-mal di Jakarta. Dia berharap, dengan kembali beroperasinya mal dapat menyedot kembali tenaga kerja yang sebelumnya terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Ini kenyataan yang harus dihadapi. Karena perputaran perekonomian rakyat itu salah satunya ada di pusat perbelanjaan. Bayangkan sudah berapa banyak karyawan dan pekerja yang dirumahkan karena penutupan mal kemarin," ujarnya.

3. Ada 80 mal di Jakarta yang telah dibuka

Anak-anak dan Lansia Diminta Tidak ke Mal meski Sudah Masa TransisiSejumlah pengunjung terlihat berbelanja setelah Mal di Jakarta resmi dibuka kembali pada 15 Juni 2020 (IDN Times/Athif Aiman)

Pada Senin (15/6) terdapat 80 mal yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI)  di Jakarta yang kembali beroperasi setelah tutup akibat PSBB. Sebanyak 21 mal tersebar di Jakarta Pusat, 26 mal Jakarta Selatan, 10 mal di Jakarta Barat, dan 11 mal di Jakarta Timur.

Baca Juga: Mal Beroperasi Hari Ini tapi Bioskop dan Karaoke Belum Boleh Buka

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya