Tampil di ICAD 12, Ratusan Orang Menggambar di Gerobak Amoda

AMODA sukses jalin kolaborasi untuk produknya

Bandung, IDN Times - Dorongan berbagai pihak untuk menstimulasi geliat bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tengah dilakukan secara maksimal untuk mengejar percepatan pemulihan ekonomi pasca-pandemi COVID-19. Langkah tersebut terbilang efektif, mengingat UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional dengan menyumbang 60 persen nilai produk domestik bruto (PDB).

Masalahnya, mengembangkan UMKM terasa sulit bagi sekelompok orang karena adanya beberapa tuntutan, di antaranya ialah inovasi dan digitalisasi. Keduanya merupakan hal yang tak bisa lepas dari perkembangan UMKM, dalam berkompetisi di tengah persaingan yang dinamis.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa inovasi dan digitalisasi telah menjadi keniscayaan bagi mendukung perkembangan sebuah bisnis. Untuk berinovasi, seseorang memang memerlukan ide cemerlang dan berani berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik itu lembaga maupun perorangan.

Berbicara tentang UMKM, inovasi dan digitalisasi sepertinya telah menjadi sederet nilai yang didorong AMODA, startup Indonesia di bidang properti dan konstruksi teknologi, dalam kegiatannya di Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) 12 yang digelar di Hotel Grand Kemang, Jakarta (19 Oktober-27 November 2022).

Di sana, mereka baru saja mengkolaborasikan salah satu produk konstruksi compact inovasinya, ErgaBox, dengan street artist Rezza Mahardi (Bedlamorama alias Bedlam), dan Origin Research (studio teknologi kreatif multidisiplin).

Bedlam merespons ErgaBox dengan karya muralnya yang khas. Seperti halnya video mapping, Bedlam membuat karya lewat gawai yang tersedia, sebelum karya tersebut ditembakkan pada ErgaBox lewat perangkat proyektor.

Praktis, karya Bedlam tampil dan menghiasi ErgaBox.

1. Ketika street artist bicara masa depan lewat ErgaBox

Tampil di ICAD 12, Ratusan Orang Menggambar di Gerobak AmodaKarakter yang selalu digunakan Bedlam (Instagram/@bedlamorama)

Dari kaca mata Rezza Mahardi, konstruksi compact yang selalu dikenalkan AMODA dan street art memiliki semangat yang sama. ErgaBox, kata Rezza, adalah sebuah gerobak yang merupakan sumbangan budaya manusia dalam berniaga dan ditempatkan di jalanan seperti halnya street art.

“Itu benang merahnya, AMODA dan Bedlam memiliki banyak kesamaan. Ketika saya lihat lagi, bentuk gerobak ke depannya akan selalu berubah, tapi fungsinya akan tetap sama. Itu jadi melting pot yang tepat, ketika gerobak telah dijadikan sebagai penanda zaman untuk menerangkan adanya hari kemarin dan masa depan,” ujar Rezza, dalam siaran pers yang diterima, Senin (7/11/2022).

Hal tersebut sejalan dengan kegiatan ICAD 12 secara umum, di mana mengangkat tema “Fragmenting Yesterday, Reshaping Tomorrow”. Tema tersebut dipasang untuk menekankan persimpangan antara akhir dari pandemi dan era selanjutnya dengan banyaknya kemungkinan baru di depan kita.

2. AMODA punya mimpi besar tanpa lupa sektor dagang kecil

Tampil di ICAD 12, Ratusan Orang Menggambar di Gerobak AmodaCuri Perhatian di Rangkaian G20, Yuk Kenalan dengan Amoda (IDN Times/Istimewa)

Keinginannya untuk berkolaborasi dengan AMODA pun tak lepas dari apresiasi pada perusahaan rintisan tersebut. Rezza mengatakan bahwa AMODA adalah startup dengan mimpi yang besar dan global, di mana masih mau melirik kepentingan di sektor perdagangan terkecil dengan memproduksi produk konstruksi yang inovatif.

“Itu jadi sebuah click factor dengan AMODA. Ketika orang-orang startup berlomba-lomba untuk keren-kerenan dengan kantornya dan segala macam, AMODA justru bergrilya dari bawah, dari first hand, untuk penjual yang langsung turun ke jalan,” tuturnya.

Sementara CEO Origin Research, Muhammad Taufiqurrahman, mengatakan jika ia dan timnya cukup senang bisa terlibat dalam kehadiran AMODA di ICAD 12. Menurut Opik, Origin Research cukup tertantang dalam mengemas dua kultur street yang dibawa AMODA dan Bedlam. 

Sebagai penyedia infrastruktur teknologi dalam kegiatan itu, Origin Research kemudian sepakat untuk mengedepankan partisipasi audiens bagi AMODA di ICAD 12. Tidak hanya bagi Rezza sebagai street artist yang diajak berkolaborasi, pengunjung ICAD 12 lainnya pun dapat mencoba menggambar karya dan menumpahkannya di produk AMODA.

“Per harinya kami mengumpulkan karya-karya dari audiens, untuk menggambarkan reshaping tomorrow dan membayangkan bagaimana bentuk dari masa depan,” tuturnya.

3. Ratusan orang mencoba menggambar di ErgaBox

Tampil di ICAD 12, Ratusan Orang Menggambar di Gerobak AmodaTampil di ICAD 12, Ratusan Orang Menggambar di Konstruksi Gerobak Inovatif AMODA (IDN Times/Istimewa)

Co-founder AMODA, Agusti “Bojes” Salman Farizi, mengatakan jika AMODA cukup penasaran pada antusiasme pengunjung ICAD 12 dengan ErgaBox yang dikolaborasikan.

Hingga 26 Oktober 2022, AMODA telah berhasil menghimpun ratusan personal skin yang dibuat oleh para pengunjung ICAD 12. Meski bukan jumlah yang sedikit, Bojes masih berharap semakin banyak pengunjung ICAD 12 yang mencurahkan personal skin-nya di ErgaBox.

Di sisi lain, AMODA pun cukup puas dengan kehadiran mereka di ICAD tahun ini. AMODA, kata dia, berhasil menambah nuansa baru bagi ICAD yang sejauh ini cenderung lebih banyak diisi oleh produk seni kontemporer daripada produk aplikatif. 

“Maka itu dari satu sisi, ErgaBox mengoptimasi produk agar lebih efisien, dan bisa memenuhi berbagai keperluan gaya hidup,” ujarnya.

Lewat kolaborasi ini, AMODA juga ingin menekankan bahwa ErgaBox merupakan produk konstruksi yang ramah untuk dikolaborasikan dan tak sulit untuk dikonfigurasi sesuai kebutuhan penggunanya.

“Jadi apapun kegiatannya, setiap lini bisnis tentu perlu pembangunan. Di situ lah peran AMODA yang terus berupaya untuk membantu mengefisienkan setiap pembangunan, sekaligus menjawab kebutuhan para pengusaha sekali pun yang bersifat lifestyle,” tutur Bojes.

Saat ini AMODA dan solusi konstruksinya kerap mencuri perhatian. Selain karena berhasil menyediakan gerobak inovatif yang unik dan futuristik, produk konstruksi AMODA dapat dipindahkan dan diperluas sesuai dengan kebutuhan.

4. Ingin jadi solusi bagi masalah UMKM

Tampil di ICAD 12, Ratusan Orang Menggambar di Gerobak AmodaTampil di ICAD 12, Ratusan Orang Menggambar di Konstruksi Gerobak Inovatif AMODA (IDN Times/Istimewa)

AMODA memang mengenalkan diri sebagai startup dengan produk yang efektif bagi pengusaha dan/atau property owner. Misalnya, salah satu inovasi yang dibawa oleh mereka adalah dengan memungkinkan pengusaha untuk dapat memindahkan asetnya ke mana pun ia mau.

Lewat berbagai kegiatan, AMODA menunjukkan bahwa startup mereka inovatif dan telah menjadi solusi bagi investasi, khususnya di bidang properti.

Apalagi saat ini, sebagian besar pemilik UMKM, memiliki fokus penuh terhadap kinerja bisnisnya sehingga seringkali tak punya solusi dari segi penyediaan lahan proporsional bagi tempat usahanya. Dalam kondisi ini, AMODA ingin memfasilitasi para pemilik UMKM sehingga leluasa untuk hanya fokus ke roda bisnis mereka.

Jika tertarik untuk menengok dan mencoba serunya berkarya dengan ErgaBox, kalian bisa mengunjungi ICAD 12 di Hotel Grand Kemang, Jakarta. Event ini berlangsung cukup lama, dan akan diakhiri pada 27 November 2022.

Baca Juga: Curi Perhatian di Rangkaian G20, Yuk Kenalan dengan Amoda

Baca Juga: 10 Negara dengan Jumlah Startup Terbanyak di Dunia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya