Setahun Usia Krakatau Sarana Properti, Apa Saja Capaiannya?

Dirut tidak berambisi untuk lebih baik dari KIEC

Bandung, IDN Times – PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja merayakan hari jadinya yang pertama pada Jumat (23/9/2022), setelah mereka sempat berganti nama perusahaan tahun lalu. Sejak pertama dikenalkan, mereka komit untuk bertransformasi sebagai perusahaan properti yang unggul di bawah Krakatau Steel Group.

KSP memang merupakan nama baru, karena sebelumnya mereka Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC). Secara status, mereka merupakan “cucu perusahaan” dari Krakatau Steel Group dan anak perusahaan dari PT. Krakatau Sarana Infrastrukur (KSI).

Berkaca dari berbagai dinamika yang terjadi dalam setahun ke belakang, apa saja capaian yang telah dijajal oleh KSP?

1. KSP punya nilai jual tinggi, dan lebih populer saat ini

Setahun Usia Krakatau Sarana Properti, Apa Saja Capaiannya?Sandiaga Uno dan Dirut Krakatau Steel Properti (IDN Times/Istimewa)

Agus Nizar Vidiansyah, Dirut KSI yang hadir dalam acara ulang tahun KSP bertema Amaz1ng Transformation, mengatakan jika ia cukup puas dengan performa KSP setahun terakhir. Baginya, KSP telah melakukan sederet perubahan ke arah yang lebih baik bagi kelanjutan bisnis Krakatau Steel Group.

Saat ini, kata dia, perusahaan yang mengelola kawasan industri seluas 3.200 hektar ini punya nilai jual yang tinggi, lantaran memiliki infrastruktur dan prasarana yang sangat lengkap di Indonesia.

"Di usianya yang baru satu tahun ini, sudah banyak transformasi yang dijalankan oleh KSP. Kalau dulu dikenalnya dengan nama KIEC yang hanya terdengar di Cilegon saja, sekarang  menjadi KSP (yang dikenal lebih luas),” kata Agus.

2. Tidak mau berubah untuk tampil lebih baik dari KIEC

Setahun Usia Krakatau Sarana Properti, Apa Saja Capaiannya?Direktur KSP, Ridi Djajakusuma (IDN Times/Istimewa)

Di sisi lain, Ridi Djajakusuma Direktur Utama PT. KSP, berpesan kepada sekitar 600 karyawan yang hadir memenuhi Convention The Royale Krakatau Hotel, untuk mengedepankan transformasi dan bekerja sama secara solid agar perusahaan mereka mengalami kemajuan.

Selama kepemimpinannya, Ridi mengaku bahwa ia tak berambisi untuk tampil lebih baik dari KIEC, karena sebenarnya ia memandang bahwa KIEC sudah menjadi perusahaan yang sangat baik sejak puluhan tahun yang lalu.

“Seperti fotokopi, hasilnya tidak mungkin lebih bagus dari aslinya. Saat ini yang saya inginkan, KSP terus bertransformasi dan selalu berkembang secara bisnis,” kata dia.

3. Apa saja transformasi yang sudah dilakukan KSP?

Setahun Usia Krakatau Sarana Properti, Apa Saja Capaiannya?kiec.co.id

Transformasi yang sudah dijalankan oleh KSP antara lain menyangkut hal pengelolaan kawasan industri seperti pergudangan, bangunan pabrik siap pakai, dan residensial (Perumahan Bumi Rakata).

Di sisi lain, ada pula transformasi lain yang mereka lakoni ialah properti komersial seperti The Royale Krakatau Hotel, The Royale Krakatau Golf, The Surosowan Restoran, Sport Center, Water Park, hingga pengelolaan The Junction, dan kerjasama dalam pembangunan tempat kuliner dan kafe layaknya M Bloc Space bersama mitranya Tsamara.

Saat ini KSP juga telah menjalin kerjasama dengan White Sky Aviation untuk taxi udara (helicity) Jakarta-Cilegon, khususnya dalam hal penyediaan fasilitas heliport di kawasan hotel The Royale Krakatau.

Baca Juga: Perang Rusia-Ukraina Jadi Berkah Buat Krakatau Steel, kok Bisa?

Baca Juga: Krakatau Steel Punya Pabrik Baru, Jokowi Ingin Tekan Impor Baja

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya