Serap Aspirasi, Relawan Ganjar Blusukan sampai Garut Selatan

Suara perempuan menjadi fokus utama blusukan ini

Garut, IDN Times - Ganjar Creativity, sukarelawan Ganjar Pranowo yang terdiri dari alumni muda UNPAD, ITB, dan UPI, mengadakan kegiatan Ngajar (Ngadawuh Ganjar) di wilayah pesisir Garut, tepatnya di Desa Indralayang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dalam kegiatan Ngadawuh Ganjar itu, para sukarelawan turut melakukan Wanoja Desa sebagai bagian dari upaya berdialog dan menyerap aspirasi kaum perempuan, khususnya perempuan desa.

Apa saja aktivitas mereka di sana?

1. Peserta diklaim antusias dan mau sampaikan gagasan

Serap Aspirasi, Relawan Ganjar Blusukan sampai Garut SelatanSerap Aspirasi, Relawan Ganjar Blusukan sampai Garut Selatan (IDN Times/istimewa)

Ketua Ganjar Creativity Dicky Fauzia mengatakan kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan peserta yang merupakan generasi muda dari Garut Selatan.

Para peserta diklaim antusias berdialog dan mau menyampaikan gagasan-gagasan mereka khususnya terkait dengan peran perempuan secara konsep dan strategis.

"Letak sisi geografis di ujung selatan Jawa Barat tidak menjadi hambatan bahwa ide-ide dan gagasan pemberdayaan perempuan, ruang dialog dengan sukarelawan Ganjar Creativity yang merupakan komunitas pendukung Ganjar Pranowo dari basis massa perguruan tinggi," ujar Dicky dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (14/9/2023).

"Ini tentu menjadi jembatan komunikasi yang diharapkan bisa disampaikan langsung oleh para perempuan muda di desa-desa Jabar kepada Bapak Ganjar Pranowo," tutur Dicky.

2. Ganjar diklaim selalu libatkan perempuan

Serap Aspirasi, Relawan Ganjar Blusukan sampai Garut SelatanIlustrasi perempuan muda (IDN Times/Arief Rahmat)

Dena (22 tahun), salah seorang peserta Wanoja Desa menilai Ganjar Pranowo selama memimpin Jawa Tengah telah memprioritaskan perempuan, anak, dan disabilitas dalam upaya pembangunan dan pengembangan daerah. 

“Pak Ganjar selalu melibatkan perempuan dan disabilitas, termasuk dalam pengambilan keputusan. Sebab itu kami percaya pemimpin yang mau melibatkan perempuan," ujar dia.

Hal itu pula yang membuatnya berminat dan terlibat dalam kegiatan Ganjar Creativity. "Semoga Pak Ganjar nanti bisa menjadi pemimpin Indonesia dan membawa kemajuan bagi bangsa," ujar dia.

3. Ganjar cukup aktif di Jawa Barat

Serap Aspirasi, Relawan Ganjar Blusukan sampai Garut SelatanGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo cukur gundul yang disaksikan secara virtual. (IDN Times/Humas Pemprov Jateng)

Sebelumya, berbagai gerakan terkait majunya Ganjar Pranowo dalam kontestasi calon presiden Indonesia, memang telah marak di Jawa Barat. Apalagi, masyarakat Jawa Barat memang sudah tak asing dengan Ganjar karena ia memiliki hubungan dekat dengan eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Misalnya ketika ketika Ganjar melakukan aktivitas lari pagi di Stadion Pakansari, Bogor, pada Jumat (2/6/2023). Tak sendirian, Ganjar lari pagi ditemani istrinya, Siti Atiqoh.

Ketika itu Ganjar yang datang mengenakan kaos hitam bertuliskan ‘Kalau Mau Sehat Ayo Olahraga’ langsung disambut ribuan warga Bogor. Mereka adalah masyarakat umum, simpatisan, hingga komunitas lari.

Warga yang menyambut kedatangan Ganjar tiba-tiba mengerubung. Semuanya berebut foto dan bersalaman dengan Mantan Anggota DPR RI itu.

Baca Juga: Profil Zinedine Alam Ganjar, Putra Ganjar Pranowo yang Berprestasi

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya