Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek Hadirkan Pameran hingga Kisah Inspiratif

Perayaan digelar di tempat mereka lahir

Bandung, IDN Times - Pameran dan rangkaian program "Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek" di Dia.Lo.Gue Kemang, Jakarta, dibuka pada 14 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Acara yang menandai perjalanan penting komunitas Ibu Arsitek ini mengeksplorasi konsep rumah yang terhubung, dengan setiap ruang mengisahkan narasi unik melalui integrasi visual, suara, aroma, dan tekstur.

Ibu Arsitek terbentuk pada 22 Desember 2018 di venue yang sama, Dia.Lo.Gue Kemang, bertepatan dengan hari Ibu Nasional. Peringatan ini mengenang Kongres Perempuan Indonesia pertama yang berlangsung pada tanggal yang sama pada tahun 1928.

Berawal dari inisiatif tiga perempuan arsitek, dalam lima tahun terakhir komunitas ini kemudian berkembang menjadi jejaring 14 perempuan yang aktif berkolaborasi, bahkan di waktu pandemi. Tahun ini, Ibu Arsitek, bersama 35 perempuan lainnya, bersinergi untuk mengadakan perayaan khusus, yang juga disemarakkan oleh lebih dari 300 perempuan arsitek lainnya dari seluruh Indonesia.

Bagaimana konsepnya?

1. Bertujuan untuk menjadi rumah yang saling mendukung

Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek Hadirkan Pameran hingga Kisah InspiratifSelebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek Hadirkan Pameran hingga Kisah Inspiratif (IDN Times/istimewa)

Osrithalita Gabriela, Co-Initiator Ibu Arsitek sekaligus Event Director perhelatan ini, menyoroti pentingnya peran dukungan sesama perempuan dan lingkungan terdekat dalam mengatasi tantangan yang dihadapi perempuan di bidang arsitektur di Indonesia.

“Ibu Arsitek memiliki tujuan yang sederhana, yaitu untuk menjadi rumah yang saling menghubungkan dan mendukung para perempuan yang mencintai dan memilih karier di dunia arsitektur dengan segala tantangan stigma perempuan di dunia kerja, hingga pembagian peran dalam berkarir dan berkeluarga," kata Osrithalita, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Minggu (24/12/2023).

Selebrasi ini bukan hanya menampilkan karya, tetapi juga cerita perempuan Indonesia yang menonjolkan realitas dan kontribusi mereka dalam arsitektur. Konsep pameran ini adalah mengangkat profil perempuan di dunia arsitektur dengan variasi praktik, latar belakang, domisili, dan generasi.

2. Ada pameran hingga lokakarya

Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek Hadirkan Pameran hingga Kisah InspiratifSelebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek Hadirkan Pameran hingga Kisah Inspiratif (IDN Times/istimewa)

Kurator pameran, Fauzia Evanindya dan Stephanie Larassati memilih sebelas host pameran yang kemudian melakukan kurasi dan mengumpulkan lebih dari 70 profil perempuan Indonesia di arsitektur, menonjolkan kekuatan, perjalanan, kepribadian, dan kontribusi mereka.

Rangkaian acara ini meliputi pameran, diskusi, lokakarya, dengan puncak acara pertemuan Ibu Arsitek pada 22 Desember 2023, yang dihadiri oleh undangan komunitas Ibu Arsitek.

Pada acara puncak ini, para perempuan arsitek berdiskusi dan bertukar pikiran akan isu-isu di dunia praktik arsitektur, hingga membahas mimpi dan harapan akan komunitas Ibu Arsitek ini kedepan. Pertemuan ini merupakan simbol pertumbuhan, transformasi, dan dampak positif perempuan dalam arsitektur.

3. Didukung sepuluh sponsor

Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek Hadirkan Pameran hingga Kisah InspiratifSelebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek Hadirkan Pameran hingga Kisah Inspiratif (IDN Times/istimewa)

Pada rangkaian acara Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek ini, komunitas Ibu Arsitek bersinergi bersama dengan berbagai mitra kolaborator, baik untuk mendukung rangkaian acara, kolaborasi official merchandise Ibu Arsitek, hingga media yang ikut berpartisipasi menyemarakkan selebrasi ini.

Ibu Arsitek berterima kasih atas dukungan dan kolaborasi sepuluh mitra sponsor, di antaranya Nippon Paint, Teka Parquet, Cadenza, Vivere, Sandei, Moire Rugs, Mitra Warga, Roca, Damansara, dan Eztu Glass, yang ikut hadir dalam ruang pameran acara Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek 2023 untuk menghadirkan pengalaman berada dalam rumah yang saling terhubung.

Kolaborasi ini menghasilkan ekspresi ruang dan visual yang kaya dan sarat akan semangat kebersamaan.

Baca Juga: 5 Zodiak Perempuan dengan Tatapan Mata Tajam, Bikin Keder!

Baca Juga: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Perempuan, Simak Yuk!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya