PVMBG: Status Siaga Tsunami untuk Pandeglang dan Lampung

PVMBG imbau masyarakat tetap tenang.

Bandung, IDN Times - Hari ini, Jumat (2/8) sekitar pukul 19.03 WIB, laut sekitar Banten mengalami gempa bumi. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi terletak pada koordinat 104.58 derajat bujur timur dan 7.54 derajat lintang selatan, dengan magnitudo M7.4.

Menurut keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang diterima IDN Times Jabar, gempa bumi tersebut berdekatan dengan wilayah pesisir selatan Banten, Jawa Barat, dan Lampung. Pada umumnya, daerah tersebut disusun oleh batuan sedimen berumur kuarter.

"Batuan berumur kuarter serta batuan berumur tersier yang telah mengalami pelapukan urai, lepas, belum kompak dapat bersifat memperkuat efek guncangan gempa bumi," tulis rilis PVMBG.

Dengan peristiwa itu, BMKG mengeluarkan peringatan tsunami dengan status siaga di Pandeglang Selatan dan pesisir selatan Lampung; juga waspada di Pandeglang Utara, Lebak, pesisir barat Lampung, dan pesisir Bengkulu.

"Pos PGA Gunung Anak Krakatau di Pasuruan di sekitar Pantai carita dilaporkan tidak ada kerusakan. Penduduk sekitar telah mengungsi ke arah bukit, menjauhi pantai. Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada informasi korban jiwa dan kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini," tulis rilis tersebut.

PVMBG pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan setia mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. "Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya