Punya Segudang Prestasi Internasional, Yuk Mengenal Salaki Reynaldo

Dia jadi lulusan terbaik di kampus dalam dan luar negeri

Bandung, IDN Times - Tiap manusia diberi kebebasan dalam menetapkan harapan dan keinginan. Sejatinya, tidak ada yang bisa melarang seseorang dalam bermimpi dan berusaha mencapainya.

Setidaknya hal tersebut yang dibuktikan oleh Salaki Reynaldo Joshua, seorang ahli di bidang IT (informasi teknologi) yang telah berkiprah hingga level internasional. Kini, pria yang akrab disapa Reynaldo ini merupakan seorang dosen di salah satu universitas di Indonesia sekaligus seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Salaki merupakan pemuda asal Manado yang lahir pada 2 Oktober 1994. Ia sepertinya memang memiliki darah sebagai seorang akademisi, mengingat ibunya, Prof. Dr. Dra. Tini Mogea, M.Hum, merupakan seorang Guru Besar Bidang Planning on ELT di Universitas Negeri Manado sekaligus PNS di Kemendikbudristek. Sementara sang ayah, Johny S. W. Salaki, S.Sos merupakan seorang PNS di Provinsi Sulawesi Utara.

Penasaran dengan kiprah Reynaldo, intip perjalanannya di bawah ini ya!

1. Jatuh cinta dengan bidang IT sejak usia kecil

Punya Segudang Prestasi Internasional, Yuk Mengenal Salaki ReynaldoPunya Segudang Prestasi Internasional, Yuk Mengenal Salaki Reynaldo (IDN Times/istimewa)

Reynaldo mengaku bahwa ia memang telah memiliki semangat belajar sejak kecil, terutama di bidang IT. Pria yang kini berusia 28 tahun ini menjelaskan bahwa keinginannya untuk memperdalam ilmu IT telah muncul sejak ia masih duduk di bangku sekolah.

Masa kecil Reynaldo sudah mengenal komputer dan perangkat digital lainnya. Maka itu jangan heran jika ia sangat menikmati pekerjaannya sebagai seorang pengajar di bidang IT.

“Untuk mengembangkan passion dan keahlian itu, saya sering terlibat di dalam berabgai kegiatan berbau IT. Di luar kegiatan belajar-mengajar, sebenarnya saya punya hobi traveling dan olahraga, juga ikut terjun untuk kegiatan sosial di bidang pendidikan,” tutur Reynaldo, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (19/6/2023).

2. Menulis buku dan merilis aplikasi pintar

Punya Segudang Prestasi Internasional, Yuk Mengenal Salaki ReynaldoFreepik/pressfoto

Di sisi lain, Reynaldo juga sebenarnya telah menerbitkan sebuah buku dengan judul “Adoption Framework: In The Development of Data Warehouse for Business Intelligence System”.

Tak hanya buku, karyanya pun menyasar produk lain yakni membuat aplikasi bernama Nutri Counter. Aplikasi ini diklaim dapat membantu users untuk mengelola nutrisi tubuh dengan adanya berbagai fitur aplikasi.

Apa yang dikerjakan Reynaldo terlihat melelahkan, memang, tapi ia mengaku bahwa segala itu merupakan visi hidupnya. Ia memang ingin sekali menjadi penulis dan peneliti di bidang digital health, serta dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan khususnya di bidang IT.

3. Menjadi lulusan terbaik di dalam dan luar negeri

Punya Segudang Prestasi Internasional, Yuk Mengenal Salaki ReynaldoIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam perjalanan hidupnya, Reynalo menempuh Pendidikan S1 Teknologi Informasi dan Komunikasi di Universitas Negeri Manado pada 2012-2016. Tak sampai di sana, dengan predikat lulusan terbaik di fakultasnya, Reynaldo kemudian melanjutkan S2 di Information Technology Management, Staffordshire University pada 2017-2018 dengan predikat yang sama: lulusan terbaik.

Ketika artikel ini dibuat, Reynaldo tengah menempuh program doctoral di Electronics, Information, and Communication Engineering di Kangwon National University dengan bantuan beasiswa Pendidikan BEST-KNU.

Selain mengenyam pendidikan, di luar negeri, Reynaldo pun kerap terlibat dalam pengerjaan berbagai proyek. Misalnya, ia terlibat sebagai tim peneliti di Circuit System Design Laboratory di Kangwon National University.

Ia juga tercatat pernah bergabung dengan Microsoft Malaysia pada 2017 untuk mengerjakan sebuah proyek, dan pernah menjadi Educator Amazon Web Service pada 2020.

Saat ini, kita bisa mengakases berbagai kegiatan dan opini daripada Reynaldo, khususnya di bidang IT, dengan mengiktui berbagai media sosialnya seperti @rjsalaki (Instagram); @reynaldojoshuasalaki (YouTube); @reynaldo.salaki (Facebook); @reynaldojoshua (TikTok), dan @reynaldosalaki (Twitter).

Baca Juga: Bagikan Kebermanfaatan di TikTok, Ini Cerita Para Kreator Inspiratif!

Baca Juga: Lika Liku Perjalanan Luna Maya Bangun Bisnis Kosmetik, Inspiratif!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya