Pilwalkot Bandung, Erwin dari PKB Janji Urus Kemiskinan dan Rentenir

Ia juga belajar dari kasus Yana Mulyana

Bandung, IDN Times - Ketua DPC PKB Kota Bandung, Erwin, mendeklarasikan diri untuk maju dalam bursa pencalonan Pemilihan Wali Kota Bandung (Pilwalkot) dalam Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Di hadapan seribuan warga yang hadir dalam deklarasi tersebut, Erwin pede bisa mengubah Kota Bandung ke arah yang lebih baik lagi. Ada beberapa cita-cita yang ingin diwujudkannya Erwin jika nanti terpilih menjadi orang nomor satu di Kota Bandung itu.

Misalnya, ia bertekad untuk memperkecil angka kemiskinan di Kota Bandung dengan berbagai program yang digagas ke depannya. Salah satunya, dengan melahirkan wirausaha baru.

"Jumlah warga miskin di Kota Bandung ini bisa diperkecil dengan program memberikan bantuan modal usaha. Contoh kami adakan pelatihan, kasih modalnya. Minimal warga miskin ini berubah dari yang asalnya mustahik (penerima bantuan) menjadi muzakki (pemberi bantuan)," kata Erwin dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (17/4/2023).

1. Regulasi bantuan terhadap masyarakat miskin dipermudah

Pilwalkot Bandung, Erwin dari PKB Janji Urus Kemiskinan dan RentenirIlustrasi pemberian bantuan (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Selanjutnya, ia juga akan fokus terhadap kemudahan regulasi pemerintah dalam memberikan bantuan kepada masyarakat miskin. Dia menginginkan, program-program bantuan kepada masyarakat bisa lebih mudah diakses.

"Soal regulasi, kami ingin regulasi bantuan terhadap masyarakat miskin dipermudah,”katanya.

2. Ingin menuntaskan keberadaan rentenir

Pilwalkot Bandung, Erwin dari PKB Janji Urus Kemiskinan dan Rentenir(IDN Times/Arief Rahmat)

Selain menekan angka kemiskinan di Kota Bandung, Erwin yang maju dengan tagline "Pemimpin Tanpa Sekat", ingin melenyapkan bank emok (lintah darat) yang saat ini meresahkan masyarakat.

"Saya akan hapuskan bank emok. Tidak ada lagi rentenir di Kota Bandung," kata anggota DPRD Kota Bandung itu.

3. Komitmen Mencegah Korupsi

Pilwalkot Bandung, Erwin dari PKB Janji Urus Kemiskinan dan RentenirWali Kota Bandung, Yana Mulyana (IDN Times/Galih Persiana)

Berkaca dari kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Wali Kota Bandung Yana Mulyana pada Jumat (14/4/2023), Erwin mengklaim akan menghindari praktek haram tersebut dengan cara menggandeng Aparat Penegak Hukum (APH) untuk mengontrol dan mengawasi berbagai program pemerintah.

Ia prihatin terhadap kejadian yang menimpa Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung yang terkena OTT KPK dan mendoakan agar diberi kekuatan mental dan spritual menghadapi situasi tersebut.

"Kalau saya terpilih, saya akan kerja sama baik dengan APH, KPK, supaya mengawasi seluruh program yang ada di Kota Bandung. Program yang ada di dinas kami kerja samakan, ada kontrol dan pengawasan dari KPK, Kejaksaan, kepolisian, supaya tidak ada lagi korupsi di Kota Bandung," tuturnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Prihatin Ada Rentenir Robohkan Rumah Warga di Garut

Baca Juga: Yana Mulyana Gagal Happy karena Dibui Jelang Idul Fitri

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya