Penuh Innovasi, Shell Beri Pendanaan Bagi Tiga Wirausahawan Muda

Ada pengumuman pemenang Shell LiveWIRE 2022

Bandung, IDN Times  – Inovasi, salah satunya dalam penerapan teknologi, merupakan salah satu upaya dalam mencapai target energi baru dan terbarukan (EBT). Untuk itu, Shell Indonesia menggelar Shell LiveWIRE Energy Solutions Webinar and Awarding Session secara virtual pekan lalu.

Shell Indonesia menggelar kegiatan ini untuk mendorong diskusi multipihak, yang diharapkan dapat berkolaborasi dalam pengembangan inovasi sebagai solusi energi di Indonesia. Program tersebut melibatkan generasi muda, agar mau berperan aktif dan berinovasi dalam kewirausahaan di bidang solusi energi.

Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia Ingrid Siburian mengatakan, melalui program tersebut perusahaannya bermaksud menyediakan wadah bagi generasi muda untuk meningkatkan kapasitas bisnis dan manajemennya.

“Guna melahirkan inovasi dan solusi bisnis maupun teknologi di sektor energi,” kata dia, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (13/9/2022).

1. Inovator dan wirausahawan muda diharapkan dapat beri solusi terhadap energi

Penuh Innovasi, Shell Beri Pendanaan Bagi Tiga Wirausahawan MudaShell Indonesia beri pendanaan pada tiga inovator muda Indonesia (IDN Times/Istimewa)

Ingrid menjelaskan, di tangan para inovator dan wirausahawan muda, Shell berharap dapat melahirkan bisnis-bisnis solusi energi yang komprehensif, yang dapat berkontribusi dalam upaya pencapaian Sustainable Development Goals, khususnya poin ketujuh mengenai akses energi.

“Selain itu, penyelenggaraan program Shell LiveWIRE Energy Solutions juga sejalan dengan strategi Powering Progress Shell secara global untuk bertransformasi menjadi perusahaan energi dengan net-zero emission di tahun 2050,” tuturnya.

2. Indonesia punya potensi dalam energi alternatif

Penuh Innovasi, Shell Beri Pendanaan Bagi Tiga Wirausahawan MudaIlustrasi pekerja. (Pexels.com/Los Muertos Crew)

Tantangan energi yang dihadapi saat ini menjadi pendorong bagi penggunaan solusi energi alternatif, termasuk energi baru dan terbarukan. Setidaknya hal tersebut yang dikatakan Andriah Feby Misna, Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Pengembangan energi dari sumber EBT diarahkan untuk menjaga ketahanan energi nasional sekaligus upaya untuk memberikan akses energi secara merata kepada masyarakat,” ujar Andriah.

Ia menjelaskan, Indonesia memiliki sumber energi melimpah yang dapat digunakan sebagai energi alternatif di antaranya panas matahari dan angin. Inovasi teknologi dengan menggunakan sumber energi tersebut bisa membuat harga jual energi baru terbarukan menjadi lebih terjangkau.

“Transisi energi bisa menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan ketahanan energi dan harganya bisa lebih bersaing," kata Feby.

3. Pemenang Shell Live WIRE Energy Solutions 2022

Penuh Innovasi, Shell Beri Pendanaan Bagi Tiga Wirausahawan Mudailustrasi orang memikirkan inovasi (pexels.com/Startup Stock Photos)

Bersamaan dengan kegiatan webinar, Shell juga mengumumkan pemenang kompetisi untuk wirausaha di bidang energi, Shell LiveWIRE Energy Solutions 2022. Dewan Juri menunjuk Banana and Partners, Beli Jelantah, dan PETANI, sebagai tim pemenang pertama, kedua, dan ketiga kompetisi ini.

Tim-tim pemenang berhak mendapatkan pendanaan dari Shell Indonesia masing-masing senilai Rp125 juta, Rp50 juta dan Rp30 juta untuk dimanfaatkan bagi pengembangan ide dan bisnis.

Anggota Dewan Juri sekaligus Presiden Direktur Clean Power Indonesia Jaya Wahono mengatakan, berbagai inovasi yang diusung tim-tim finalis telah membangkitkan optimisme bahwa Indonesia memiliki talenta-talenta yang luar biasa.

Pemuda Indonesia, kata dia, dinilai mampu mendorong perkembangan sektor industri EBT dengan berbagai solusi energi yang mereka usung.

Jaya menambahkan, “Ide-ide bisnis yang diusung oleh finalis kompetisi Shell LiveWIRE Energy Solutions sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong perkembangan sektor industri EBT,” tuturnya.

Baca Juga: EBT Bukan Untuk Meniadakan Energi Fosil, Siapkah Indonesia Dengan EBT?

Baca Juga: Harga BBM Subsidi Naik Jadi Momen Pemerintah Maksimalkan EBT

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya