Menpora Dalami Kabar GBLA yang Terbengkalai

Bukannya GBLA itu dipakai oleh Persib, ya?

Bandung, IDN Times – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi kembali melayangkan pertanyaan pada pewarta tentang Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang dikabarkan tak terawat dengan baik. Imam mengaku belum mendapat informasi apapun terkait salah satu stadion termegah di Jawa Barat itu.

Sebelumnya, jagat media sosial Twitter dihebohkan dengan cuitan @dedihermayadi yang mengunggah kondisi terkini Stadion GBLA. Dalam foto tersebut, tampak rumput ilalang yang dibiarkan tumbuh dengan liar, sampah yang berserakan, dan fasilitas toilet yang hilang.

Bagaimana Menpora menanggapi kabar tersebut?

1. Menggali informasi

Menpora Dalami Kabar GBLA yang TerbengkalaiIDM Times/Galih Persiana

Mimik wajah Imam kebingungan ketika wartawan meminta tanggapan soal kondisi Stadion GBLA yang memprihatinkan. Ia malah kembali bertanya pada wartawan, “Bukannya GBLA itu dipakai oleh Persib, ya?”

Namun, setelah mendengar kabar terbengkalainya Stadion GBLA, Imam mengaku akan mendalaminya. “Beri kesempatan bagi saya untuk mendapat informasi lebih lanjut, ya,” kata dia, kepada awak pers di Sabuga, Kota Bandung, Senin (15/7).

Baca Juga: Stadion GBLA Tak Terawat, Pemkot Bandung Bantah Unggahan Warganet 

2. Berharap stadion dirawat

Menpora Dalami Kabar GBLA yang TerbengkalaiTwitter.com/dedihermayadi

Meski belum mendapatkan informasi terkait kebenaran kabar tersebut, Imam berharap agar pemerintah daerah dapat merawat stadion sebaik mungkin. Soalnya, kata Imam, Indonesia akan menghadapi beberapa gelaran multi event di masa mendatang yang mana memerlukan banyak infrastruktur sarana olahraga.

“Yang pasti saya berharap stadion yang kita miliki ini harus dirawat, dijaga karena kita sedang menghadapi event dunia seperti kejuaraan dunia sepak bola U-20. Belum lagi kami sedang menyiapkan multi event seperti piala dunia di masa yang akan datang,” tutur Imam.

Baca Juga: Indonesia Ikut Ajukan Diri Jadi Host Piala Dunia 2034

3. Cuitan mendapat tanggapan warga Bandung

Menpora Dalami Kabar GBLA yang TerbengkalaiTwitter.com/dedihermayadi

Cuitan akun Twitter @dedihermayadi mendadak viral. Masyarakat Bandung pun mengomentarinya dengan sinis, terutama karena Stadion GBLA jarang sekali dimanfaatkan untuk gelaran olahraga.

Misalnya @hasan182 yang bercuit: Dipake ulah, dirawat henteu, robohkeun we sakalian (Dipakai juga tidak, dirawat juga tidak, robohkan saja sekalian). Tak hanya itu, komentar sinis pun dilontarkan @ramdanysullivan: Ngabangun gampang, ngarawat na sih nu hese, panyakit negara ti baheula (Membangunnya mudah, merawatnya yang susah. Penyakit negara sejak dahulu).

Baca Juga: Persib Tanding di GBLA, Ridwan Kamil Ajak Bobotoh Pelajari Sejarah

4. Dispora Kota Bandung tampik kabar terseut

Menpora Dalami Kabar GBLA yang TerbengkalaiIDN Times/Debbie Sutrisno

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kota Bandung, Eddy Marwoto, membantah jika ada fasilitas di GBLA yang hilang atau dicuri. Sebab di sana ada aparat keamanan termasuk pengelola yang berjaga agar tidak ada pencurian fasilitas tertentu.

"Jadi apa yang diberitakan enggak benar. Kami ada pemeliharaan walaupun (dana) tidak besar. Dan itu bohong kalau ada informasi (fasilitas hilang)," ujar Eddy, saat ditemui di kantornya, Senin (15/7).

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya