Mengenal TrawLTruck, Layanan Canggih Pesan Jasa Truk

Ada juga jasa kernet yang dapat dipesan

Bandung, IDN Times - TrawLbens, perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi dan cargo, saat ini telah membuka layanan terbaru yaitu TrawLtruck. TrawLtruck diluncurkan untuk berfokus pada layanan sewa truk yang mudah diakses melalui aplikasi. 

Seluruh layanan berbasis aplikasi ini merupakan salah satu langkah awal dalam kemajuan industri logistik. Terlebih saat ini pelabuhan di Indonesia sudah sangat mendukung pengiriman logistik ke seluruh wilayah Indonesia.

Mengutip Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara Pelepasan Jelajah Pelabuhan 2023 di Wisma Bisnis Indonesia, Kemenhub mengidentifikasi pelabuhan Indonesia cukup pantas dan memiliki kapasitas memadai untuk melayani pengiriman barang logistik dan penerimaan barang dalam jumlah besar.

Beni TrawLbens, CEO PT. TrawLbens Teknologi Anak Indonesia, mengatakan bahwa layanan TrawLtruck dibuat berdasarkan keinginan untuk membantu masyarakat menyediakan layanan jasa sewa truk antar pulau antar provinsi yang bisa terpantau secara real time.

“Sebelumnya tidak ada layanan jasa sewa truk antarpulau ataupun antarprovinsi di Indonesia yang terpantau secara real time. Lalu berikutnya ada beberapa pengusaha sewa truk dan mayoritasnya menggunakan produk asing dengan fasilitas serupa, sehingga saya berpikir: kenapa kita sendiri orang Indonesia gak bisa melihat dan berani mengambil peluang ini?" kata Beni TrawLbens, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Minggu (5/11/2023).

Karena cerita itu, lanjut Beni, ia tak ragu membangun dan meluncurkan TrawLTruck.

1. Penyewaan truk akan dipantau selama order berlangsung

Mengenal TrawLTruck, Layanan Canggih Pesan Jasa TrukMengenal TrawLTruck, Platform Canggih Pesan Jasa Truk (IDN Times/istimewa)

Beni memastikan bahwa aplikasi yang ia luncurkan ini bisa melacak lokasi truk di perjalanan secara real time

“Fitur canggih yang ada di TrawLtruck ini yang pastinya adalah penyewaannya bisa terpantau selama 24 jam ataupun selama order tersebut berlangsung. Ya sama lah kalau ini seperti dengan fitur-fitur kayak aplikasi ojol,” tutur Beni.

Kelebihan TrawLtruck selain memprioritaskan supaya produk-produk UMKM bisa dikirimkan ke seluruh Indonesia dengan lancar, tentunya akan membantu peningkatan perekonomian Indonesia.

2. Menguntungkan pemilik truk dan customer

Mengenal TrawLTruck, Layanan Canggih Pesan Jasa TrukMengenal TrawLTruck, Platform Canggih Pesan Jasa Truk (IDN Times/istimewa)

Dunia logistik, kata Beni, biasanya hanya mengedepankan keuntungan dari customer, namun TrawLbens berkomitmen memberikan keuntungan baik untuk customer sebagai pengguna jasa sewa truk, maupun pemilik armada dan driver.

“TrawLbens memberikan tarif yang paling ideal di mata customer maupun driver, sehingga kedua belah pihak bisa saling bekerja sama dan berkelanjutan dengan baik”, kata Beni mantan cleaning service yang sekarang telah memiliki perusahaan ekspedisi ini.

Hadirnya TrawLtruck diklaim bisa membantu sektor pertanian di suatu daerah atau sentra-sentra UKM yang membutuhkan sewa truk antar kota dan antar provinsi. Sebagai contoh bila pelanggan ingin sewa truk dari Manado ke Jakarta atau dari Makassar ke Jakarta, fasilitas tersebut sudah bisa dilayani oleh TrawLtruck.

3. Memastikan harganya lebih murah dari pasaran

Mengenal TrawLTruck, Layanan Canggih Pesan Jasa TrukMengenal TrawLTruck, Platform Canggih Pesan Jasa Truk (IDN Times/istimewa)

Beni melanjutkan, tarif sewa truk dipengaruhi oleh jenis armada yang digunakan dan kota tujuannya, meski ia berani memastikan harganya lebih terjangkau dibandingkan penyewaan truk di tempat lain.

“Kami sudah bisa memastikan bahwa sewa truk di TrawLtruck ini ongkosnya jauh lebih hemat dibandingkan menyewa truk di luar sana. Kami bisa memastikan itu,” ucap Beni.

Untuk saat ini TrawLtruck menyediakan layanan sewa truk dari Jabodetabek ke seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan Mataram. Target tahun depan TrawLtruck sudah bisa melayani dari seluruh Indonesia secara bertahap yang dimulai dari Pulau Jawa, Bali, dan Lombok.

4. Ada fitur request kernet

Selain menyediakan berbagai jenis armada, layanan TrawLtruck juga menyediakan layanan kernet alias pembantu sopir untuk membantu pelanggan.

“Layanan pertama, kami menyediakan seluruh armada yang akan disewa. Kami juga menyediakan layanan kenek, barang kali orang mau pindahan atau bongkar muat barangnya mereka tidak mempunyai tenaga untuk bongkar muat. Jadi mereka bisa request ke kami,” kata Beni.

“Untuk payment juga kami ada kelonggaran. Payment bisa dilakukan di tujuan, jadi misalkan orang beli barang anggaplah di Bandung terus dikirimkan ke Makassar, nah sewa truknya nanti yang bayar orang Makassar. Itu bisa dilakukan,” tutur Beni.

Baca Juga: 7 Alternatif Aplikasi Open-Source untuk Aplikasi Umum di Android

Baca Juga: Harga Sewa Bus Pariwisata Jakarta ke Bandung, Yogyakata, dan Bali

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya