Magal, Restoran Korea Populer Perkuat Bisnis di Indonesia

Mereka baru saja membuka cabang di Cilegon

Bandung, IDN Times - Perkembangan Kawasan Industri Krakatau di Kota Cilegon semakin pesat tiap tahunnya. Salah satu yang menjadi alasannya adalah lengkapnya prasarana yang ada di Kota Baja ini.

Dengan alasan itu, tidak heran jika banyak terdapat pabrikan besar baik itu lokal maupun luar negeri dengan disertai oleh berbagai fasilitas penunjang seperti kawasan pergudangan, perumahan, hotel, sports center, dan termasuk juga tempat kuliner yang enak untuk para pekerja yang ada di Kawasan Industri Krakatau.

Di antara banyak pabrik yang ada di Cilegon, hadir berbagai perusahaan besar asal Korea Selatan yaitu Dongjin, Krakatau Posco, Lotte Group, LG Electronics, hingga Hyundai. Fenomena itu yang menarik perhatian pengusaha food and beverage untuk dapat membuka cabangnya di sana.

1. Berharap membuat nyaman warga Korea di sana

Magal, Restoran Korea Populer Perkuat Bisnis di IndonesiaMagal, Restoran Korea Populer Perkuat Bisnis di Indonesia (IDN Times/istimewa)

Salah satunya ialah PT. Krakatau Sarana Properti (KSP), pengelola Kawasan Industri Krakatau, yang menyambut peluang bisnis di bidang kuliner dengan restoran asal Korea Magal untuk melengkapi pelayanan fasilitas kuliner bagi para pekerja asal Korea dan juga pecinta kuliner yang ada di Cilegon dan sekitarnya.

"PT Krakatau Sarana Properti menyambut baik kerja sama dengan restoran Korea Magal. Dengan dibukanya restoran Magal yang juga berada di wilayah area bisnis KSP, kami harapkan para warga negara Korea yang bekerja di Kawasan Industri Krakatau akan semakin nyaman lagi dan fasilitas kami disini semakin lengkap,” kata Gersang Tarigan, Direktur Operasional PT. KSP dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/3/2024).

Apalagi, kata dia, daerah Kawasan Industri Krakatau juga menjadi magnet bagi para investor asal Korea untuk berinvestasi.

2. Sekilas sejarah Magal

Magal, Restoran Korea Populer Perkuat Bisnis di IndonesiaMagal, Restoran Korea Populer Perkuat Bisnis di Indonesia (IDN Times/istimewa)

Magal sendiri merupakan restoran Korean BBQ yang berasal dari Korea. Nama Magal berasal dari kata Mapo (nama daerah di Korea) dan juga Galmaegisal (potongan daging yang memiliki tekstur empuk sempurna).

Magal pertama berdiri di Korea pada tahun 1999 sebagai rumah makan sederhana dan memulai bisnis waralabanya mulai 2008. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 500 cabang Magal tersebar di seluruh dunia dan diharapkan akan terus berkembang.

Terbaru pada pertengahan Desember 2023 mereka membuka outlet baru di Cilegon dengan kapasitas 125 pengunjung.

Menurut Fred Jebaba, pemilik sekaligus CEO Magal Cilegon, market pasar restoran Magal sudah tepat, karena Cilegon memiliki banyak perusahaan dan karyawan asal Korea Selatan.

“Untuk menu Magal Cilegon itu halal no pork no lard, jadi pecinta kuliner lokal pun bisa merasakan sensasi nikmatnya makanan asal Korea seperti nunkkotsal/kkotsal jumulleok (prime boneless short rib), so yangnyeom galbi (prime bone in short rib), hingga maeun dakbal (spicy boneless chicken feet).

3. Buka sejak pukul 09.00 WIB

Magal, Restoran Korea Populer Perkuat Bisnis di IndonesiaPexels

Fred Jebaba optimistis jika nantinya akan banyak masyarakat Cilegon dan sekitarnya akan menyukai citra rasa makanan Korea ini. Pasalnya, kata dia, Magal adalah restoran Korean BBQ nomor satu di Indonesia tanpa mengurangi otentisitas dari Korea sendiri dan mengikuti tren yang ada saat ini.

"Berbeda dengan restoran Magal di kota lain khususnya saat weekend, Magal Cilegon buka mula dari jam 09.00 WIB untuk melayani warga Korea dan pengunjung lokal yang mau sarapan setelah bermain golf di The Royale Krakatau Golf,” ujar Fred.

Baca Juga: 5 Aplikasi Resep Masakan untuk Buka Puasa, Menunya Lengkap!

Baca Juga: 4 Pasang Artis Korea yang Ternyata Bersaudara Kandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya