Libatkan 1.200 Mahasiswa, Tengok Ulasan Perayaan Setahun Candi Darling

Saykoji menjadi salah satu tokoh yang digandeng

Bandung, IDN Times – Pada Juni 2019 lalu, Bakti Lingkungan Djarum Foundation meluncurkan program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) dengan tujuan melestarikan alam di sekitar candi. Tak terasa, program yang menggandeng generasi muda itu kini telah genap berjalan satu tahun.

Lewat program itu, Darling Squad—kelompok pemuda yang berhasil digandeng program Candi Darling, telah melakukan penanaman pohon di empat kawasan candi dan situs bersejarah di tiga provinsi yakni DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Candi yang ditanami ialah Candi Prambanan, Benteng Van Den Bosch, Situs Ratu Boko dan Candi Ijo, Taman Wisata Alam Kawah Ijen dan Kompleks Candi Gedongsongo.

Menurut catatan panitia, dalam satu tahun terakhir, program Candi Darling telah menggandeng lebih dari 1.200 mahasiswa yang terdaftar di 238 kampus di Indonesia. Lantas, bagaimana kelanjutannya?

1. Dilanjut dengan Darling from Home

Libatkan 1.200 Mahasiswa, Tengok Ulasan Perayaan Setahun Candi DarlingPerayaan Candi Darlin (Djarum Foundation)

Adanya wabah COVID-19 di berbagai negara dunia termasuk Indonesia, membuat Djarum Foundation mesti memutar otak untuk melanjutkan program Candi Darling. Akhirnya, setelah pertimbangan panjang, program itu dilanjutkan dengan menyelenggarakan Darling From Home, yaitu edukasi bagi generasi muda untuk tetap merawat dan menjaga lingkungan melalui virtual workshop dan talkshow daring.

Darling from Home juga digelar dengan tujuan untuk merayakan satu tahun Candi Darling. Zaimul Azzah, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), dalam virtual ceremony yang digelar Sabtu (27/6), mengatakan kalau Candi Darling merupakan program yang memang diperlukan dalam pelestarian lingkungan candi.

“Upaya ini bagus sekali untuk selalu meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap pentingnya pelestarian alam. Semoga langkah Candi Darling tidak akan berhenti sehingga kelak dapat mengubah pandangan generasi millennial terhadap tempat bersejarah, dari yang tadinya disegani menjadi dicintai,” tutur Zaimul, dalam siaran pers yang diterima IDN Times Jabar, Senin (6/7).

2. Dapat apresiasi dari Saykoji

Libatkan 1.200 Mahasiswa, Tengok Ulasan Perayaan Setahun Candi Darlinginstagram.com/saykoji

Musisi dan pecinta lingkungan Saykoji tentu mengacungkan jempol untuk program ini. Saykoji, yang juga mengikuti program Candi Darling di Candi Prambanan tahun 2019 itu mengurai harapan agar Candi Darling dapat menjangkau lebih luas lagi generasi muda untuk turut berpartisipasi menjaga lingkungan.

“Ketika saya tahun lalu menanam di Prambanan, saya jadi kangen banget untuk balik lagi dan melihat pertumbuhan pohonnya seperti apa. Nah, gerakan Candi Darling ini saya yakin dapat menciptakan ikatan yang kuat antara generasi muda dan lingkungan, sehingga kita akan terus melakukan hal yang baik terhadap lingkungan di masa mendatang,” kata Saykoji, memberi testimoni untuk program tersebut.

Peringatan satu tahun Candi Darling tidak hanya berhenti di seremoni virtual dan talkshow pada Sabtu, 27 Juni 2020. Acara kemudian dilanjutkan dengan workshop yang diadakan pada Rabu, 1 Juli 2020.

Workshop tersebut digelar dengan tujuan memperkaya pengetahuan generasi muda tentang seluk beluk kondisi lingkungan di Indonesia dan teknik menanam yang baik. Setiap Darling Squad yang berpartisipasi dalam workshop bersama Kebun Kumara akan memperoleh e-sertifikat Darling From Home yang dibagikan usai acara.

3. Memelihara lingkungan dengan cara masing-masing

Libatkan 1.200 Mahasiswa, Tengok Ulasan Perayaan Setahun Candi DarlingPerayaan Candi Darlin (Djarum Foundation)

Mutiara Asmara, Direktur Komunikasi Djarum Foundation, mengatakan jika Darling from Home digelar tanpa mengubah tujuan program: mendorong generasi muda untuk tetap peduli dan aktif terlibat dalam aksi nyata menjaga lingkungan.

“Kami secara konsisten berupaya untuk mendorong generasi muda yang berada di rumah agar senantiasa menjaga keseimbangan alam serta memelihara lingkungan dengan caranya masing-masing. Lingkungan yang bersih akan mendukung hidup yang bersih,” ujar Mutiara Asmara, di sela virtual seremoni perayaan satu tahun Candi Darling, Sabtu (27/6).

4. Ada 11.653 pohon yang ditanam

Libatkan 1.200 Mahasiswa, Tengok Ulasan Perayaan Setahun Candi DarlingPerayaan Candi Darlin (Djarum Foundation)

Sementara itu, Tania Anggriani, Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, mengatakan jika selama satu tahun digelar, programnya berhasil mengajak total lebih dari 1.200 mahasiswa dari 238 perguruan tinggi.

Tak hanya itu, menurut catatannya, total tanaman dan pohon yang ditanam mencapai 11.653 pohon dan tanaman dari 45 varietas. Seluruh flora berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang terletak di Kudus, Jawa Tengah.

“Tentu kami berharap akan semakin banyak anak-anak muda yang peduli dengan lingkungan dan bergabung dalam Siap Darling. Nantinya merekalah yang akan menikmati apa pun kebaikan yang mereka lakukan hari ini,” kata Tania.

Baca Juga: Selain Borobudur, Ini 5 Candi di Jawa Tengah Peninggalan Mataram Kuno

Baca Juga: 10 Candi di Indonesia yang Menyimpan Cerita Misterius

Baca Juga: Begini Djarum Foundation Bikin Anak Muda Lebih Sadar Lingkungan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya