Ketika Geliat Kawasan Industri Pengaruhi Pasar Properti

Ada pembukaan pabrik baru di Kawasan Industri Cilegon

Bandung, IDN Times – Indonesia memiliki beberapa daerah yang menjadi pusat industri. Tidak hanya di Jawa Barat, kawasan industri juga tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Banten.

Dibukanya kawasan industri atau pabrik di dalamnya, tidak hanya menjanjikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, khususnya lingkungan di sekitarnya. Di sisi lain, kawasan industri juga membuat banyak developer properti berani berinvestasi di sekitar kawasan industri untuk memfasilitasi kebutuhan terhadap properti.

Seperti yang terjadi di Cilegon, Banten, di mana dibukanya kawasan industri di sana membuat permintaan untuk perumahan memiliki tren yang meningkat setiap tahun. Salah satunya ialah Bumi Rakata yang baru saja membuka lahan perumahan baru di sekitar Kawasan Industri Cilegon.

1. Pasar terpicu pembukaan Kawasan Industri Cilegon

Ketika Geliat Kawasan Industri Pengaruhi Pasar PropertiKetika Geliat Kawasan Industri Pengaruhi Pasar Properti (IDN Times/istimewa)

Manager Real Estate Perumahan Bumi Rakata Asri Wisnu Sasongko mengungkapkan, pembukaan pabrik baru di Kawasan Industri Cilegon menjadi salah satu pemicu tingginya permintaan properti di area ini.

“Kita semua tahu bahwa akan ada pabrik baru yang dibuka di Kawasan Industri Cilegon. Ini merupakan sebuah kesempatan yang bagus yang harus dimaksimalkan oleh Bumi Rakata Asri untuk menyiapkan perumahan kepada para karyawan pabrik tersebut,” ungkap Wisnu dalam keterangan tertulis, Jumat (19/1/2024).

Wisnu menjelaskan, 70 persen pembeli rumah di Bumi Rakata Asri adalah pekerja di Kawasan Industri Cilegon dan sisanya pengusaha. Karena itu, Bumi Rakata Asri terus berupaya mengeluarkan produk baru di sektor properti.

“Kami saat ini memiliki produk terbaru, tipe 77 dengan luas 112 meter persegi dengan harga Rp900 jutaan. Tipe luxury living ini memiliki tiga kamar dan dua lantai dengan model Skandinavia. Harga publish rate sebenarnya Rp1,1 miliar tapi ada bebas PPN hingga Juni 2024, jadi harganya bisa di bawah Rp1 miliar,” kata Wisnu.

2. Konsumen percaya karena Bumi Rakata bagian dari Krakatau Steel Group

Ketika Geliat Kawasan Industri Pengaruhi Pasar PropertiJelang Tahun Baru, Royale Krakatau Siapkan Doorpirze Tiket ke Bali (IDN Times/istimewa)

Wisnu menambahkan, konsumen sudah memiliki kepercayaan yang tinggi kepada perumahan Bumi Rakata Asri. Ini karena Bumi Rakata merupakan bagian dari Krakatau Steel grup serta konstruksinya yang bagus.

Di sisi lain Bumi Rakata menyadari jika tingginya permintaan tetap harus dibarengi dengan kualitas pemasaran. Maka itu, mereka telah menyiapkan promo bagi para calon pembelinya.

Mereka saat ini tengah mengadakan promo “New Year, New Story and Lets the Life Began with the Dream Home at Bumi Rakata Asri” per Januari 2023 sampai Juni 2024.

“Dalam program promo tersebut, pembeli akan mendapatkan banyak sekali benefit yang didapat baik dari program pemerintah maupun dari developer,” kata Marketing Manager Perumahan Bumi Rakata Asri Susaedi.

3. Berharap mendapat sambutan dari pasar

Ketika Geliat Kawasan Industri Pengaruhi Pasar PropertiKetika Geliat Kawasan Industri Pengaruhi Pasar Properti (IDN Times/istimewa)

Selanjutnya, saat ini mereka tengah memasarkan dua cluster sekaligus yaitu Cluster Grand Rakata Residence Phase I,  hunian dua lantai dengan harga mulai dari Rp700 jutaan; juga Cluster Grand Rakata Residence Phase II  hunian satu lantai dengan harga mulai dari Rp400 jutaan.

Selain itu di Cluster Rakata Green Valley dibuka kembali perluasan lahan untuk sepuluh unit saja, dengan tipe New Look RGV mulai dari Rp300 jutaan.

“Proyek terbaru Bumi Rakata Asri ini mendapatkan sambutan dan antusiasme yang sangat baik dari market, hal ini dibuktikan dengan jumlah peminat yang telah booking dan proses akad baik akad kredit maupun akad jual beli,” tutur Susaedi.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya