Jelang Hitung Cepat, Semua Kandidat Optimistis Menangi Pilkada Cianjur

Ada tiga calon yang diusung parpol, dan satu independen

Cianjur, IDN Times – Empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur dalam Pilkada Serentak 2020 saling melempar optimisme memimpin suara terbanyak. Keempat calon itu ialah Muhammad Toha-Ade Sobari (independen), Oting Zaenal-Wawan Setiawan (Gerindra dan Demokrat), Herman Suhermar-Mulyana Syahrudin (PDIP, Golkar, Nasdem, PAN, dan PPP), juga Lepi Ali Firmansyah-Gilar Budi Raharja (PKB dan PKS).

Seluruh kandidat dikabarkan telah mengikuti Pilkada 2020 di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing. Bagaimana tanggapan mereka setelah mengikuti serangkaian kampanye dan menunggu hasilnya?

1. Paslon nomor urut satu: pemenang Pilkada Cianjur adalah takdir Allah SWT

Jelang Hitung Cepat, Semua Kandidat Optimistis Menangi Pilkada CianjurIlustrasi logistik pilkada. ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Muhammad Toha, Calon Bupati Cianjur nomor urut satu, baru saja melakukan pencoblosan di TPS 01 Desa Suataris, Kecamatan Karangtengah, pukul 08.16 pagi. Dalam kegiatan itu ia tak sendirian, melainkan ditemani istri dan anaknya.

Satu-satunya cabup jalur independen itu mengatakan bahwa sejauh ini Pilkada Cianjur 2020 dilalui dengan kondusif. Ia pun berterimakasih pada para pendukungnya, KPU, dan panitia Pilkada karena telah bekerja keras hingga Pilkada Cianjur 2020 berhasil digelar.

Meski optimistis memenangi Pilkada Cianjur 2020, Toha menegaskan jika semua pasangan calon yang bersaing di Pilkada tersebut merupakan saudara setanah air. “Tidak ada istilah rival, karena siapa pun yang menang di Pilkada Cianjur 2020 ini adalah semata-mata takdir Allah SWT,” kata Toha, seperti dikutip oleh cianjurtoday.com .

2. Paslon nomor urut dua anggap semua kandidat adalah pesain terberat

Jelang Hitung Cepat, Semua Kandidat Optimistis Menangi Pilkada CianjurIlustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Calon Bupati Cianjur nomor urut 2, Oting Zaenal Muttaqin, melaksanakan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 08, RT 04/RW 09, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Ia datang dengan berjalan kaki sejauh 200 meter, bersama keluarganya.

 “Alhamdulillah pada hari ini kami sedang melaksanakan pencoblosan dan berjalan dengan lancar,” paparnya saat diwawancara di lokasi pencoblosan, Rabu (9/12/2020).

Bagi Oting, semua paslon merupakan pesaing terberatnya dalam meraih kursi nomor satu di Kabupaten Cianjur. Meski demikian, Oting tetap merasa optimistis untuk memimpin perolehan suara.

“Kita optimistis bisa menang, sudah dijalankan prosedur dan strategi pemenangan. Kita berdoa mudah-mudahan apa yang diharapkan bisa terwujud,” kata Oting.

3. Paslon nomor urut tiaga optimistis sejak awal

Jelang Hitung Cepat, Semua Kandidat Optimistis Menangi Pilkada CianjurIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Di tempat lain, Calon Wakil Bupati dari pasangan nomor urut tiga, TB Mulyana Syahrudin bersama keluarganya mencoblos di TPS 10, RT 02/RW 05 Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Rabu (9/12/2020) sekitar jam 08.30 Wib.

Mulyana tidak sendirian di sana. Di TPS yang sama, Ketua DPD Golkar Jabar, Ade Barkah Surahman beserta istri dan keluarga besarnya pun ikut melakukan pencoblosan di TPS 10 dengan menggunakan pakaian kemeja putih dan celana hitam.

Sejak awal mengikuti Pilkada Cianjur 2020, kata Mulyana, ia dan timnya sudah optimistis dapat mengungguli perolehan suara. “Saya berharap mudah-mudahan Pilkada kali ini sesuai target. Masyarakat pun ketika pencoblosan diharapkan menjaga protokol kesehatan agar tercipta suasana Pilkada yang sehat, aman, dan kondusif,” ujar Mulyana.

4. Paslon nomor urut empat optimistis dapat 40 persen suara

Jelang Hitung Cepat, Semua Kandidat Optimistis Menangi Pilkada CianjurTwitter/@aisyah_411

Yang terakhir, Calon Wakil Bupati Cianjur nomor urut empat, Gilar Budi Raharja, beserta istrinya Laila Wahyuni dan ibunda Euis baru saja rampung melaksanakan pencoblosan di TPS 09 yang bertempat di ruangan kelas SDN Sukamulya, Desa Neglasari, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur pada pukul 10.00 Wib, Rabu (9/12/2020).

Seperti masyarakat lainnya, sebelum memasuki TPS Gilar Budi sempat membasuh tangan, memakai masker, dan mengenakan sarung tangan plastik yang disediakan panitia, sebagai bagian dari pelaksanaan protokol kesehatan.

Saat ditanya mengenai peluang kemenangan di Pilkada Cianjur 2020, Gilar optimistis akan mampu memperoleh suara terbanyak dibandingkan Paslon yang lain.

“Karena disesuaikan dengan kerangka kerja kami yang telah menargetkan, Pilar (Lepi-Gilar) bisa mendapat 40 persen lebih suara. Kami yakin akan memperoleh suara yang paling banyak,” ujarnya pada Cianjur Today, Rabu (9/12/2020).

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya