Jamal Preman Pensiun Enam Bulan Rehabilitasi di Bogor

Jamal aktif konsumsi sabu setahun terakhir.

Bandung, IDN Times – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Barat, Brigadir Jenderal Sufyan Syarif, mengatakan kalau ia telah me-assessment Zulfikar alias Jamal “Preman Pensiun” terkait kasus penggunaan dan kepemilikan sabu-sabu yang tengah membelitnya. Menurut Sufyan, assessment dilakukan bersama perwakilan kejaksaan, kepolisian, dokter medis, dan dokter kejiwaan.

Assessment tersebut salah satunya melahirkan sebuah rekomendasi agar Jamal direhabilitasi untuk melepaskan ikatannya dengan barang haram tersebut. Bagaimana isi lengkap dari assessment itu?

1. Enam bulan rehabiltiasi

Jamal Preman Pensiun Enam Bulan Rehabilitasi di BogorIDN Times/Galih Persiana

Keputusan rehabilitasi Jamal salah satunya menjadi rekomendasi tim medis yang ikut me-assessment Jamal. Menurut Sufyan, Jamal akan rawat inap di panti rehabilitasi itu dalam waktu enam bulan.

“Nanti yang mengantar adalah yang mengajukan dari Polrestabes Bandung, dengan surat rujukan dari BNN,” kata Sufyan, ketika dihubungi pada Rabu (24/7).

2. Rehabilitasi di Lido

Jamal Preman Pensiun Enam Bulan Rehabilitasi di BogorIDN Times/Galih Persiana

Panti rehabilitasi yang ditunjuk tim assessment untuk proses penyembuhan Jamal ialah Unit Terapi dan Rehabilitasi BNN Lido, Bogor. Lokasi tersebut secara status dimiliki dan dikelola oleh BNN.

“Di Lido nanti ada bagian daripada sistem rehabilitasi yang dikelola khusus oleh kami. Kami sedang menghubungi Lido untuk disiapkan. Soal waktu diantar ke Lido, silakan tanya ke Polrestabes Bandung,” ujarnya.

3. Jamal aktif menggunakan sabu satu tahun terakhir

Jamal Preman Pensiun Enam Bulan Rehabilitasi di Bogorhttp://kabarbaguskangagus.blogspot.com

Hasil assessment lainnya, lanjut Sufyan, memastikan bahwa Jamal bukan menjadi bagian dari sindikat sabu. Jamal hanyalah pengguna murni, yang tidak punya peran apapun dalam peredaran sabu.

Kepada tim assessment, Jamal mengaku aktif menggunakan sabu dalam satu tahun terakhir. Meski demikian, ia jujur bahwa sempat aktif mengonsumsi sabu waktu menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi.

“Jadi dia sempat aktif menggunakan sabu, lalu istirahat, dan baru aktif kembali dalam satu tahun terakhir,” ujarnya.

4. Ditangkap di apartemennya

Jamal Preman Pensiun Enam Bulan Rehabilitasi di Bogorhttps://media.iyaa.com

Sebelumnya, Jamal dijemput polisi di salah satu kamar di Apartemen Gateway, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bandung, pada Sabtu (20/7) sekitar pukul 01.15 WIB. Penangkapan itu didahului oleh laporan masyarakat yang mampir ke meja polisi.

Selain menjemput Jamal, polisi juga menyita sejumlah barang bukti di antaranya satu buah alat hisap bong beserta cangklong—yang masih terisi bubuk sabu, dan korek api yang telah dipasangi sumbu.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya