Intip Platform Pelatihan Online Pertama untuk Asisten Rumah Tangga

Cicana jadi satu-satunya platform untuk ART

Bandung, IDN Times - Cicana, platform digital penyedia jasa pekerja rumah tangga di Indonesia, memperkenalkan inovasi terbarunya: School of ART. Inovasi itu merupakan Learning Management System (LMS) pertama dan satu-satunya di Indonesia yang bertujuan memberikan pelatihan berkualitas tinggi bagi pekerja rumah tangga.

Tujuannya, tak lain guna menjadikan mereka lebih unggul dalam keterampilan, kinerja, dan pengetahuan.

Cicana bukan hanya sekadar platform jasa pekerja rumah tangga konvensional, tetapi sebuah revolusi digital dalam layanan tersebut. Berbeda dengan yayasan atau penyedia asisten rumah tangga (ART) lainnya, Cicana mengadopsi pendekatan teknologi dengan seluruh proses dilakukan melalui platform website Cicana dan WhatsApp Business Verified.

Pelanggan dan pekerja memiliki kebebasan untuk melakukan wawancara dan memilih kandidat berdasarkan kecocokan dan kebutuhan masing-masing.

1. Luncurkan School of ART sejak Januari 2024

Intip Platform Pelatihan Online Pertama untuk Asisten Rumah TanggaAsisten Rumah Tangga (pexels.com/cottonbro studio)

Pada Januari 2024, Cicana meluncurkan School of ART sebagai langkah maju dalam meningkatkan kualitas pekerja rumah tangga di Indonesia. School of ART adalah LMS berbasis e-Learning yang menyediakan kelas pelatihan seperti housekeeping, babysitting, cooking, dan attitude and manner.

Dengan lebih dari 99 materi video pembelajaran, serta ujian bersama dan ujian akhir dengan ahli di bidangnya, Cicana berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan SDM pekerja rumah tangga.

Annisa Kartika, CEO sekaligus Co-Founder Cicana mengatakan jika School of ART adalah langkah besar dalam memajukan industri pekerja rumah tangga di Indonesia.

“Kami berharap dapat memberikan dampak positif bagi para pekerja dan memperkuat hubungan harmonis antara mereka dan majikan. Cicana tetap berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam layanan dan inovasi di sektor ini,” kata Annisa, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (12/3/2024).

2. Berharap platform dapat bantu kehadiran ART

Intip Platform Pelatihan Online Pertama untuk Asisten Rumah Tanggailustrasi makan bersama keluarga (pexels.com/Julia M Cameron)

Sementara itu Edha Clarissa, Digital Creator and Trainer bersertifikat dalam ilmu etiket, manners, dan personal development, berharap adanya platform ini memudahkan para pekerja rumah tangga dalam membantu mereka mengasah keterampilan dan pengetahuan tentang mengelola pekerjaan rumah tangga.

“Dan semoga platform ini membantu para ART demi keberlangsungan harmonisasi kerja yang optimal,” ujar Edha.

3. Mengenal lebih jauh School of ART

Intip Platform Pelatihan Online Pertama untuk Asisten Rumah Tanggailustrasi memasak sendiri di rumah (pexels.com/cottonbro studio)

School of ART menerapkan metode longlife learning, memungkinkan akses berulang bagi pekerja rumah tangga tanpa batas waktu dengan tagline "One Purchase for Unlimited Access".

Cicana meyakini bahwa investasi dalam pendidikan pekerja rumah tangga akan membawa dampak positif pada kualitas pelayanan mereka dan meningkatkan hubungan harmonis antara ART dan majikan.

Bagi Cicana, keseimbangan kualitas pekerja rumah tangga tidak hanya diperuntukkan bagi ART, tetapi juga pekerja rumah tangga lainnya seperti halnya babysitter, caregiver, driver, inval worker, dan live-out worker

Untuk mendukung keseimbang tersebut, Cicana melengkapinya dengan memberikan panduan praktis bagi pelanggan dalam e-Book "The Art of Choosing ART".

Dilengkapi dengan simulasi budgeting merekrut ART, tips seleksi and interview ART, pembedahan solusi permasalahan ART, e-Book ini akan menjadi jawaban atas mudahnya proses pencarian pekerja rumah tangga yang ideal serta membangun hubungan yang harmonis dengan pekerja rumah tangga.

Baca Juga: Lima ART Jadi Korban Kekerasan di Jaktim, Kesigapan Warga Diapresiasi

Baca Juga: Kenal Via Medsos, Gadis Lampung Tengah Dijual jadi ART di Tangerang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya