Inklusi Keuangan, Solusiku-Bank Sahabat Sampoerna Jalin Kerja Sama

Kerja sama mereka menyasar loan channeling

Bandung, IDN Times - PT. Anugerah Digital Indonesia melalui platform pendanaan digitalnya; Solusiku; resmi meneken kerja sama dengan Bank Sahabat Sampoerna (BSS) pada Jumat, 24 November 2023. Kerja sama ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam mendukung pertumbuhan UMKM dan meningkatkan inklusi keuangan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Sejauh ini Solusiku, perusahaan yang telah memperoleh legalitas sebagai PT Anugerah Digital Indonesia, memang telah memegang peran kunci dalam ekosistem UMKM dan literasi keuangan di Indonesia.

Dengan visi dan misi yang terukur, Solusiku berkomitmen untuk memberikan solusi pendanaan inovatif dan inklusif.

1. Alokasi untuk kegiatan produktif dan konsumtif sampai Rp100 miliar

Inklusi Keuangan, Solusiku-Bank Sahabat Sampoerna Jalin Kerja SamaInklusi Keuangan, Solusiku-Bank Sahabat Sampoerna Kerja Sama (IDN Times/istimewa)

Direktur Operasional Solusiku, Moh. Fajar Ramdhani menyatakan, kolaborasi ini melambangkan komitmen perusahaannya terhadap inovasi pendanaan secara digital yang diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat terhadap sektor keuangan.

"Bersama-sama, kami siap mencapai pencapaian baru, memberikan alternatif solusi pendanaan kepada setiap elemen masyarakat," ujar Fajar, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (18/12/2023).

Penandatanganan perjanjian tersebut membahas kerja sama dalam bentuk loan channeling antara Solusiku dan Bank Sahabat Sampoerna. Dana sebesar Rp100 miliar akan dialokasikan untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtif selama periode kerja sama yang berlangsung selama tiga tahun.

2. Menumbuhkan UMKM dan meningkatkan inklusi keuangan

Inklusi Keuangan, Solusiku-Bank Sahabat Sampoerna Jalin Kerja SamaPendampingan UMKM Buleleng dalam Fashion Show Buleleng Kita by Pendopo di Living World Denpasar, Bali. 8 Desember 2023. (dok. Pendopo)

Kepala Divisi Lending Centre Bank Sahabat Sampoerna, Hendra Setiawan, menyatakan bahwa perusahaannya sangat antusias menyambut kerja sama dengan Solusiku.

"Kolaborasi ini memperkuat komitmen kami untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan meningkatkan inklusi keuangan. Loan channeling menjadi langkah inovatif untuk memastikan dana yang kami miliki dapat merespons kebutuhan masyarakat dan sektor bisnis yang berkembang pesat," tutur Hendra.

Loan channeling sendiri adalah strategi di mana Solusiku berperan sebagai perantara antara peminjam, terutama UMKM dan masyarakat umum, dengan Bank Sahabat Sampoerna. Pendekatan inovatif ini diharapkan dapat mempercepat distribusi dana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi sektor-sektor yang strategis.

3. Solusiku komit layani masyarakat di berbagai lapisan

Inklusi Keuangan, Solusiku-Bank Sahabat Sampoerna Jalin Kerja Samailustrasi membuat anggaran pengeluaran kartu kredit (freepik.com/tirachardz)

Vice President Solusiku, Steven Leong, menambahkan bahwa sesuai dengan visi dan misi yang telah dibangun, Solusiku akan terus berkomitmen untuk melayani masyarakat guna meningkatkan inklusi keuangan sampai ke berbagai lapisan masyarakat.

"Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia dan mempercepat inklusi keuangan di seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Solusiku dan Bank Sahabat Sampoerna berkomitmen untuk menyediakan solusi pendanaan yang inovatif dan inklusif, hingga menjawab tantangan ekonomi di era digital.

Baca Juga: Dukung Inklusi Keuangan, BRI Luncurkan Kartu Kredit PAPERCARD 

Baca Juga: Aturan OJK Baru, Industri Jasa Keuangan Genjot Inklusi dan Literasi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya