Disambut Baik, GrabElectric Capai 100 Juta KM di Indonesia

Jarak itu setara dengan 2.700 kali keliling dunia

Bandung, IDN Times – Salah satu produk Grab, GrabElectric, baru saja menorehkan catatan baru dengan menempuh jarak 100 juta kilometer pertama mereka di Indonesia. Mereka semakin menekankan status sebagai pelopor dan transportasi kendaraan listrik ride hailing terbesar di tanah air.

Jumlah 100 juta kilometer, merupakan jarak tempuh dari 8.500 armada kendaraan listrik milik Grab Indonesia di delapan provinsi. Sebagai ilustrasi, jarak yang telah ditempuh oleh GrabElectric sejak Januari 2021 hingga September 2022 itu setara dengan lebih dari 2.700 kali perjalanan mengelilingi dunia.

Capaian itu dirayakan dengan berlalunya rombongan konvoi 100 kendaraan roda dua GrabElectric di gerbang Parkir Timur, Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Bali.

1. Berkontribusi mengurangi setara 10 ribu ton CO2

Disambut Baik, GrabElectric Capai 100 Juta KM di IndonesiaGrabElectric Capai 100 Juta KM di Indonesia (IDN Times/Istimewa)

Menurut data yang dihimpun Grab, penggunaan GrabElectric selama periode tersebut juga berkontribusi untuk mengurangi emisi setara 10.000 ton CO2 atau sebanding dengan lebih dari 4 juta liter BBM.

Capaian ini juga diraih berkat 20 juta pesanan yang dibuat oleh satu juta pengguna GrabElectric di seluruh Indonesia.

Memulai perjalanan transformasi kendaraan rendah emisi sejak 2019, Grab secara berkelanjutan berpartisipasi dalam mendorong terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di tanah air melalui kemitraan dengan pemerintah, BUMN, maupun swasta.

Hingga Oktober 2022, Grab telah bekerja sama dengan Pertamina, PLN, SWAP Energi, Viar, Gesits, dan KYMCO untuk menyediakan lebih dari 600 stasiun penukaran baterai (battery swap station) di Jakarta, Bali, Medan, Surabaya dan Makassar.

2. Perayaan sekaligus dukung gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20

Disambut Baik, GrabElectric Capai 100 Juta KM di IndonesiaUpacara pembukaan G20 Indonesia (g20.org)

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, momentum 100 juta kilometer pertama GrabElectric ini dirayakan sekaligus untuk mendukung Bali sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Di sisi lain, kata Ridzki, capaian tersebut merupakan wujud dukungan Grab dalam merealisasikan fokus transformasi energi yang menjadi salah satu topik pembahasan penting di Presidensi G20 Indonesia.

“Armada GrabElectric juga merupakan dukungan kami terhadap upaya pemerintah untuk memiliki lebih dari 2 juta kendaraan listrik pada 2030 nanti,” kata Ridzki, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Jumat (11/11/2022).

3. Grab komit dukung pengurangan emisi

Disambut Baik, GrabElectric Capai 100 Juta KM di IndonesiaGrabElectric Capai 100 Juta KM di Indonesia (IDN Times/Istimewa)

Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi menyampaikan rasa syukurnya terhadap capaian itu. Ia memastikan bahwa Grab Indonesia akan mendukung berbagai upaya untuk mengurangi emisi.

“Terima kasih sebesar-besarnya kami berikan kepada lebih dari 1 juta pengguna kami yang telah membuat 20 juta pesanan dengan memakai armada GrabElectric, sehingga bersama-sama kita semua berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia,” tutur Neneng.

Ke depannya, kata Neneng, Grab akan berupaya untuk meningkatkan inisiatif-inisiatif yang tidak hanya baik bagi bisnis, tapi juga ramah bagi lingkungan.

“Sejak 2021, GrabElectric sudah sepenuhnya menyewakan motor listrik,” katanya.

Baca Juga: Grab Bantah Yusuf Mansur Jabat Komisaris

Baca Juga: Grab Dorong Konsumen Banyak Pakai Kendaraan Listrik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya