Dipakai Perusahaan Tingkatkan Efektivitas SDM, Ini Fungsi ERP

Sonar Nusantara baru saja gunakan ERP

Bandung, IDN Times - PT Sonar Nusantara Utama baru saja meluncurkan implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Microsoft Business Central dengan menggelar Official Kick Off Meeting bersama PT Nureka Optima Wishva, penyedia jasa ERP, di kantor pusat mereka.

Didirikan pada 2019, Sonar Nusantara adalah perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam penyediaan teknologi dan solusi geospasial.

Solusi yang mereka tawarkan telah digunakan luas dalam berbagai sektor seperti pertambangan, konstruksi, perencanaan kota, pemantauan lingkungan, manajemen bencana, dan navigasi.

Lantas, apa sebenarnya tujuan Sonar Nusantara menggunakan ERP?

1. Sekilas mengenal Sonar Nusantara

Dipakai Perusahaan Tingkatkan Efektivitas SDM, Ini Fungsi ERP(pexels.com/fauxels)

Sebagai perusahaan yang fokus pada teknologi, Sonar Nusantara memahami pentingnya ketepatan dan efisiensi dalam perencanaan.

Bagi mereka, implementasi ERP, sebagai sistem terpadu, akan mengintegrasikan proses bisnis inti, termasuk keuangan, sumber daya manusia, manajemen rantai pasokan, manufaktur, dan manajemen hubungan pelanggan.

2. ERP memberi pandangan komprehensif tentang proses bisnis secara real-time

Dipakai Perusahaan Tingkatkan Efektivitas SDM, Ini Fungsi ERPilustrasi menentukkan manajemen krisis (pexels.com/fauxels)

Menurut Susen Yudha Graha, perwakilan PT. Nureka Optima Wishva, penggunaan ERP diharapkan dapat menyederhanakan alur kerja, meningkatkan efisiensi, serta memfasilitasi pengambilan keputusan yang lebih baik.

Pengambilan keputusan akan lebih bijak, kata dia, karena ERP memberikan pandangan komprehensif tentang proses bisnis secara real-time.

"Pemilik usaha, baik skala kecil maupun besar, semakin gencar mengadopsi sistem ERP. Dampak yang dirasakan setelah mengintegrasikan berbagai aspek dalam bisnis membuat proses operasional menjadi lebih efisien," kata Susen, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (6/2/2024).

3. Membantu pegawai jalankan tugasnya

Dipakai Perusahaan Tingkatkan Efektivitas SDM, Ini Fungsi ERPorang-orang bekerja (pexels.com/ThislsEngineering)

Sementara itu, Esha E. Saratoga, CEO Sonar, mengajak seluruh manajemen untuk bersinergi dan berkomitmen dalam implementasi sistem terbaru ini. Harapannya, lingkungan kerja perusahaannya semakin efektif dan terarah.

Ia juga berharap kebijakan penggunaan sistem yang diimplementasikan oleh manajemen dapat mempermudah dan membantu pegawai dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

Kerja sama yang terjalin dengan PT Nureka Optima Wishva, sebagai penyedia sistem ERP, diharapkan menjadi langkah awal yang positif untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan perusahaan menuju prestasi yang lebih baik.

Baca Juga: Telkom Dukung Go Live ERP SAP Inalum Demi Membangun Perekonomian Nasional

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Mengajarkan Tentang Manajemen Resiko!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya